Alfa Computer : Jl Raya Watudandang Prambon Nganjuk (1/3an SMPN 1 Prambon)

Sabtu, 09 Juni 2012

makalah kebutuhan Gizi


Bab I
Pendahuluan
1.1. Latar Belakang
Kebugaran manusia tidak lepas dari kesehatan. Kesehatan dibutuhkan untuk melakukan aktifitas. Namun, tidak semua manusia memiliki tubuh yang prima. Tubuh yang prima akan diperoleh bila tubuh manusia mendapatkan gizi yang cukup. Macam-macam gizi yang dibutuhkan tubuh ialah karbohidrat sebagai sumber energi. Elmak sebagai cadangan makanan, protein sebagai zat pengatur sel-sel tubuh, mineral sebagai pembentuk berbagai jaringan tubuh juga vitamin yang terdiri dari vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, Vitamin D, Vitamin E, dan Vitamin K
Melihat fungsi dan macam – macam zat gizi diatas tentu kita tahu bahwa kebutuhan tubuh akan berbagai zat gizi sangatlah penting, karena zat gizi adalah zat yang membentuk tubuh sehat . apabila manusia menginginkan tubuh yang sehat tentu mereka harus mengkonmsumsi makanan dengan benar, karena kebutuhan gizi dalam tubuh harus cukup tidak boleh kurang maupun lebih. Kekurangan dan kelebihan zat gizi akan menyebabkan penyakit.

1.2. Rumusan masalah
-          Bagaimana kebutuhan tubuh akan zat energi
-          Bagaimana kebutuhan tubuh akan zat protein
-          Bagaimana kebutuhan tubuh akan karbohidrat dan lemak

1.3. Tujuan penelitian
-          Mengetahui kebutuhan tubuh akan berbagai zat gizi
-          Mengetahui peran zat gizi bagi tubuh
-          Agar manusia lebih memperhatikan kebutuhan gizi untuk tubuh.

1.4. Manfaat penelitian
-          Untuk mengetahui kebutuhan tubuh akan berbagai zat gizi
-          Untuk mengetahui macam – macam gizi yang diperlukan tubuh
-          Untuk mengetahui kegunaan berbagai zat gizi



Bab II
Landasan teori
2.1. gizi
Gizi adalah zat makanan pokok yang diperlukan bagi pertumbuhan dan kesehatan badan. Jika gizi dapat terpenuhi dengan baik. Maka pertumbuhan badan dan perkembangannya tubuh dan otak akan baik.
Suatu makanan dikatakan bergizi apabila memenuhi syarat sebagai berikut :
1.       Mengandung cukup kalori, protein, lemak, mineral
2.       Memiliki perbandingan yang seimbang antara kandungan karbohidrat protein dan lemak
3.       Makanan bersifat higienis, tidak mengandung racun
Macam – macam zat gizi yang diperlukan tubuh :
2.1.1. karbohidrat (Hidrat arang)
                Karbohidrat menyediakan kebutuhan dasar yang diperlukan oleh tubuh. Makanan yang banyak mengandung karbohidrat diantaranya nasi, jagung, kentang, gandum, singkong serta gula. Susunan karbohidrat terdiri dari unsur Karbon (C), hidrogen (H), dan Oksigen (O). Satu gram karbohidrat akan menghasilkan 4 kalori.
Kegunaan karbohidrat adalah sebagai berikut :
1.       Memberi rasa kenyang
2.       Megatur suhu tubuh agar stabil
3.       Persediaan tenaga (untuk kesehatan)
4.       Bahan dasar pembentukan lemak dan protein.
2.1.2. Protein
                Disebut juga putih telur dan berfungsi sebagai zat pembangun. Protein ada 2 yaitu protein hewani dan protein Nabati. Sumber protein hewani diantaranya daging, ikan, telur, susu dan sebagainya. Sumber protein nabati diantaranya kacang kedelai, kacang tanah, kacang hijaud an sebagainya. Kebutuhan protein setiap orang berbeda – beda. Orang dewasa dan remaja memerlukan protein sebesar 1 gram setiap hari.. untuk setiap kilogram  berat badan, anak usia 6 – 12 tahun memerlukan protein 2 gram /Kg berat badan, sedangkan bagi memerlukan protein sebesar 3 gram/Kg berat badan.
Kegunaan protein adalah sebagai berikut :
1.       Membantu pertumbuhan badan
2.       Menambah kecerdasan
3.       Mengganti sel – sel yang rusak
4.       Membuat enzim
2.1.3. Lemak (lipida)
                Lemak atau cadangan makanan berfungsi sebagai sumber tenaga sumber lemak, diantaranya minyak kelapa, margarine, mentega, lemak sapi, minyak ikan, susu, keju, dan lain – lain. Satu gram lemak akan menghasilkan 9 kalori.
Kegunaan lemak antara lain sebagai berikut :
1.       Sumber energi (pemberi tenaga) kedua setelah karbohidrat
2.       Pelarut vitamin A, D, E, K
3.       Pelindung alat – alat tubuh yang halus (otak, ginjal, jantung dan paru – paru)
4.       Pemberi rasa makanan yang gurih dan harum
5.       Membantu pertumbuhan badan.
2.1.4. Vitamin.
                Vitamin merupakan salah satu komponen gizi. Vitamin diperlukan utnuk proses metabolisme tubuh. Namun vitamin tidak berfungsi untuk menghasilkan energi. Walalupun tubuh memerlukan vitamin dalam jumlah sedikit, namun kebutuhan ini tidak dapat diabaikan. Karena kekurangan vitamin menyebabkan terjadinya gangguan pada metabolisme tubuh, karena fungsi Vitamin tidak dapat diganti oleh senyawa lain.
Vitamin dikelompokkan menjadi 2 kelompok yaitu Vitamin yang larut dalam air (Vitamin B dan C) dan Vitamin yang larut dalam lemak (Vitami A D E dan K)
Kegunaan vitamin antara lain sebagai berikut :
1.       Pertumbuhan badan.
2.       Perkembangan dan pemeliharaan kesehatan
3.       Membantu mengatur berbagai proses kegiatan  dalam tubuh.

2.1.5. Mineral
Mineral diperlukan manusia dalam jumlah sedikit, tetapi zat – zat ini sangat penting bagi tubuh manusia. Sebagai zat pembanggun dan pengatur. Dan macam – macam mineral yang dibutuhkan oleh tubuh manusia ialah garam kalsium, garam besi, garam dapur, garam yodium, garam kalium, garam belerang.


Bab III
Metode PENelitian
3.1. Pengertian Metode Penelitian
Metode penelitian adalah suatu cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu.
Macam-macam metode penelitian :
3.1.1.        Metode pengumpulan data
Adapun prosedur pengumpulan data yang digunakan penulis dalam penelitian yaitu mengumpulkan data dari berbagai resensi seperti buku dan media massa.
3.1.2.        Metode analisis data
Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian kwalitatif, karena analisis datanya menggunakan uraian diskriptif bukan dalam bentuk statistik. Kegiatan analisis dimulai dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Dan metode yang digunakan oleh kelompok kami yakni metode pengumpulan data dan metode analisis data. Menggunakan metode pengumpulan data karena kami mengambil data dari buku seperti ILMU GIZI, Tata Boga dan PENdidikan Jasmani dan media seperti internet.


Bab IV
Hasil PENelitian
Kebutuhan gizi pada dasarnya tergantung pada jumlah energi yang dikeluarkan dan kuantitas pembentuk jaringan di dalam tubuh.
Ada 2 penjelasan tentang jumlah kebutuhan zat gizi yaitu :
1.       Kebutuhan minimum sehari atau “Minimum Daily Requirement” yaitu jumlah minimum suatu zat gizi yang dibutuhkan seseorang sehari, agar tidak timbul gejala-gejala kekurangan zat gizi.
2.       Jumlah yang dianjurkan sehari atau “Recomended Daily Allowance”, yaitu jumlah masing-masing zat gizi yang dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari agar dapat mejamin kesehatan tubuh yang sebaik-baiknya.


Bab V
Penutup
5.1. Kesimpulan
Kebutuhan tubuh akan berbagai zat gizi sangat dibutuhkan oleh setiap manusia. Dan kebutuhan gizi pada dasarnya tergantung pada jumlah energi yang dikeluarkan dan kuantitas pembentuk jaringan di dalam tubuh. Seperti saja kebutuhan tubuh akan energi, kebutuhan tubuh akan protein, kebutuhan tubuh akan karbohidrat dan lemak, juga kebutuhan tubuh akan mineral dan vitamin.
Komponen gizi yang paling dibutuhkan oleh tubuh ada 3 yaitu zat karbohidrat, protein dan lemak. Sedangkan kebutuhan tubuh akan vitamin dan mineral hanya dalam jumlah yang sedikit. Namun kebutuhan itu tidak dapat diabaikan sebab fungsi mineral dan vitamin tidak dapat diganti oleh senyawa lain.
Dari keterangan diatas dapat diambil penjelasan lebih rinci yaitu bahwa tubuh manusia sangat membutuhkan zat gizi seperti karbohidrat, protein, vitamin dan juga vitamin dan mineral. Dan zat gizi itulah yang membentuk tubuh manusia menjadis ehat.

5.2. Saran
Dengan menyusun karya ilmiah ii diharapkan pembaca akan mengerti tentang kebutuhan tubuh akan berbagai zat gizi. Dan mengerti tentang kegunaan berbagai zat gizi. Karena zat gizi merupakan komponen yang penting untuk berlangsungnya proses metabolisme didalam tubuh. Jadi kita sebagai manusia haruslah pandai-pandai memilih makanan yang mengandung zat gizi. Tapi ingat zat gizi yang diperlukan oleh manusia harus cukup dan sesuai kebutuhan tubuh. Dan yang kedua kesehatan itu penting dan mahal, jadi jagalah kesehatan anda.


Daftar Pustaka
Bahar, Asrul. 1989. ILMU GIZI. Surabaya : Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan
__________ 2010. Tata Boga. Surakarta : Putra Nugraha
__________ 2011. Pendidikan Kesehatan dan Olahraga. Jombang : Sinar Abadi


3.2.  

0 komentar:

Silahkan Beri Komentar

Template by : kendhin x-template.blogspot.com