Alfa Computer : Jl Raya Watudandang Prambon Nganjuk (1/3an SMPN 1 Prambon)

Senin, 11 Juni 2012

Arah Baru Pendidikan Menuju Demokrasi


Arah Baru Pendidikan Menuju Demokrasi

Dengan terjadinya pergeseran peran pendidikan, maka secara mendasar pendidikan memiliki karakteristik  1). mampu mengembangkan kreativitas, kebudayaan, dan peradapan; mendukung diseminasi nilai keunggulan;  3) mengembangkan nilai-nilai demokrasi kemanusiaan. keadilan dan keragaman;  4) mengembangkan secara berkelanjutan kinerja kreatif dan produktif yang koheren dengan nilai-nilai moral.
Acuan pemikiran dalam penataan, dan pengembangunan sistem pendidikan nasional harus mampu mengakomodasikan berbagai pandangan sehingga terjadi keterpaduan dalam kons dengan didasarkan pada prinsip 1) membangun prinsip kesetaraan;  2) menciptakan konfigurasi komponen sumber; 3) menerapkan prinsip pemberdayaan; 4) melaksanakan prinsip kemandirian 5) menciptakan prinsip toleransi dan konsensus; 6) menyusun dasar perencanaan pendidikan; menerapkan prinsip rekrontruksionis; 8) berorientasi pada peserta didik; 9) berdasar pada prin pensisikan multicultural; 10) menerapkan prinsip globalisasi.
Visi Pendidikan Nasional adalah pendidikan yang mengutamakan kemandirian menurut  keunggulan untuk meraih kemajuan dan kemakmuran berdasarkan nilai-nilai Pancasila. Pendidikan Nasional jangka pendek adalah pemulihan dan (krisis, misi jangka menengah ada) pemberdayaan masyarakat dalam bidang pendidikan, misi jangka panjang adalah tercapari masyarakat Indonesia baru yaitu masyarakat madani. Tujuan Pendidikan Nasional menghasilkan manusia sebagai individu dan anggota masyarakat yang sehat dan cerdas.
Makna demokrasi dalam pendidikan yatu proses pengambilan keputusan pendidik  melibatkan semua tingkatan secara maksimal, dan upaya yang harus dilakukan dalam rangka demokrasi pendidikan adalah 1) perluasan dan pemerataan kesempalan untuk memperoleh pendidikan 2) pendidikan untuk semua; 3) pemberdayaan dan pendagunaan berbagai instil kemasyarakatan; 4) pengakuan hak-hak masyarakat termasuk hak pendidikan; 5) kerja sama dengan dunia usaha dan industri.

0 komentar:

Silahkan Beri Komentar

Template by : kendhin x-template.blogspot.com