Arah Baru Pendidikan Menuju Demokrasi
Dengan terjadinya
pergeseran peran pendidikan, maka secara mendasar pendidikan memiliki
karakteristik 1). mampu mengembangkan
kreativitas, kebudayaan, dan peradapan; mendukung diseminasi nilai keunggulan; 3) mengembangkan nilai-nilai demokrasi kemanusiaan.
keadilan dan keragaman; 4) mengembangkan
secara berkelanjutan kinerja kreatif dan produktif yang koheren dengan nilai-nilai
moral.
Acuan pemikiran dalam
penataan, dan pengembangunan sistem pendidikan nasional harus mampu
mengakomodasikan berbagai pandangan sehingga terjadi keterpaduan dalam kons
dengan didasarkan pada prinsip 1) membangun prinsip kesetaraan; 2) menciptakan konfigurasi komponen sumber; 3)
menerapkan prinsip pemberdayaan; 4) melaksanakan prinsip kemandirian 5)
menciptakan prinsip toleransi dan konsensus; 6) menyusun dasar perencanaan
pendidikan; menerapkan prinsip rekrontruksionis; 8) berorientasi pada peserta
didik; 9) berdasar pada prin pensisikan multicultural; 10) menerapkan prinsip
globalisasi.
Visi Pendidikan Nasional adalah
pendidikan yang mengutamakan kemandirian menurut keunggulan untuk meraih kemajuan dan kemakmuran
berdasarkan nilai-nilai Pancasila. Pendidikan Nasional jangka pendek adalah
pemulihan dan (krisis, misi jangka menengah ada) pemberdayaan masyarakat dalam
bidang pendidikan, misi jangka panjang adalah tercapari masyarakat Indonesia
baru yaitu masyarakat madani. Tujuan Pendidikan Nasional menghasilkan manusia
sebagai individu dan anggota masyarakat yang sehat dan cerdas.
Makna demokrasi dalam
pendidikan yatu proses pengambilan keputusan pendidik melibatkan semua tingkatan secara maksimal,
dan upaya yang harus dilakukan dalam rangka demokrasi pendidikan adalah 1)
perluasan dan pemerataan kesempalan untuk memperoleh pendidikan 2) pendidikan
untuk semua; 3) pemberdayaan dan pendagunaan berbagai instil kemasyarakatan; 4)
pengakuan hak-hak masyarakat termasuk hak pendidikan; 5) kerja sama dengan
dunia usaha dan industri.
0 komentar:
Posting Komentar