Alfa Computer : Jl Raya Watudandang Prambon Nganjuk (1/3an SMPN 1 Prambon)

Senin, 11 Juni 2012

Konsep Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan.


Konsep Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan.

Pendidikan berbasis masyarakat ( community based education) merupakan landasan dari pembelajaran berwawasan kemasyarakatan yang mengandung prinsip pendidikan dari oleh dan untuk masyarakat.
Pendidikan berbagai masyarakat adalah pendidikan yang sebagian besar keputusannya dibuat oleh masyarakat sehingga peran masyarakat sangat dominan dalam penyelenggaraan pendidikan tersebut.
Pendidikan berbasis masyarakat memiliki tiga elemen penting, yaitu a) mementingkan warga belajar;  b) program dimulai dari perspektif yang kritis;  c) penekanan bahwa belajar harus berlokasi di masyarakat.
Dalam pembelajaran berwawasan kemasyarakatan harus ditunjukkan dengan a)  kurikulum terintegrasi dengan kehidupan sehari-hari; b) masalah yang diangkat relevan dengan kebutuhan masyarakat; c) penyusunan bahan belajar melibatkan peserta didik; d) waktu belajar  fleksibel; e) menggunakan konsep ketrampilan fungsional;  f) menggunakan pendekatan pendidikan orang dewasa.
Prinsip-prinsip pembelajaran berwawasan kemsyarakatan a) determinasi diri, b) membantu dirinya sendiri, c) mengembangkan kepemimpinan, d) lokalisasi, e) pelayanandan  menerima perbedaan. Dan belajar terus menerus
 

0 komentar:

Silahkan Beri Komentar

Template by : kendhin x-template.blogspot.com