Alfa Computer : Jl Raya Watudandang Prambon Nganjuk (1/3an SMPN 1 Prambon)

Sabtu, 09 Juni 2012

Makalah Jeruk Nipis


BAB 1
PENDAHULUAN

1.1              LATAR BELAKANG
Kami memilih tema tentang jeruk nipis sebagai obat tradisional yang bermanfaat bagi tubuh manusia karena kami ingin mengetahui berbagai  Macam manfaat dari tanaman tersebut . mungkin banyak orang yang tidak tahu kalau ternyata banyak sekali manfaat jeruk nipis, maka dari itulah kami akan membahas tentang jaruk nipis. Nama jeruk nipis mungkin sudah tidak asing lagi bagi masyarakat tapi banyak yang belum tahu khasiat jaruk nipis. Jeruk nipis tidak pernah di makan orang secra langsung, karena rasa buah ini jauh dari manis, sehingga sampai saat ini belum pernah terdengar cerita jeruk nipis di hidangkan orang sebagai buah meja yan santap begitu  saja seperti buah-buahan matang segar yang lain. Namun dalam hal-hal tertentu jeruk nipis lebih kaya variasinya dalam penggunaan dan pemakaiannya untuk keperluan sehari-hari dalam rumah tangga. Dan juga karena kandungan-kandungan zat yang terkandung di dalamnya menyebabkan jeruk mungil ini banyak di pakai orang dalam meramu bahan-bahan obat,marawat kecantikan, penyebar minuman, bumbu masakan, dan sebagainya.
Dengan demikian, kami akan membahas tentang jeruk nipis tersebut :

1.2              RUMUSAN MASALAH
Pertanyaan :
·         Apa yang dimaksud dengan jeruk nipis ?
·         Mengapa jeruk nipis bisa digunakan sebagai obat tradisional ?
·         Apakah manfaat jeruk nipis ?
·         Mengapa banyak masyarakat yang tidak mengetahui manfaat jeruk nipis ?

Jawaban :
·      Jeruk nipis adalah salah satu buah yang dapat digunakan untuk obat tradisional dan memiliki banyak khasiat.
·      Karena jeruk nipis memiliki banyak kandungan yang bisa digunakan untuk obat tradisional.
·      Untuk obat tradisional dan sebagai bahan sayuran atau memasak.
·      Karena masyarakat banyak yang tidak peduli dan tidak mau tahu kalau banyak manfaat dari jeruk nipis.

1.3       TUJUAN PENELITIAN
            Penelitian ini kami lakukan untuk mengetahui kandungan dan khasiat dari jeruk nipis.


1.4       MANFAAT PENELITIAN
Manfaat penelitian :
·         Agar mendapatkan pengalaman dan pengetahuan tentang jeruk nipis.
·         Agar mengetahui manfaat jeruk nipis.
·         Agar mengetahui kandungan jeruk nipis.
·         Agar mengetahui kegunaan jeruk nipis.

1.5       METODE PENELITIAN
            Penelitian ini kami lakukan dengan metode pengumpulan data dan pencarian data.

1.6       SISTEMATIKA PEMBAHASAN
Bab 1               : Pendahuluan
Bab 2               : Hasil Penelitian
Bab 3               : Kesimpulan dan Saran







BAB 2
HASIL PENELITIAN

2.1       MENGENAL JERUK NIPIS
            Nama jeruk nipis sudah tidak asing lagi bagi semua penduduk dinegeri kita. Jeruk nipis juga dikenal dengan nama jeruk pecel (Jawa), dan jeruk dhurga (Madura). Nama lain jeruk nipis adalah Citrus aurantifolia Swingle. Dulu dikenal juga dengan sebutan Citrus aurantium  subspec. aurantifolia var. fusca. Tanaman ini termasuk famili Rutaceae.
            Pohon ini bercabang banyak, tinggi 1,5 - 3,5 meter, berduri panjangnya 0,3 – 1,2 cm. Tangkai daun kearah ujung kadang-kadang bersayap sedikit,  sayap beringgit melekuk ke dalam panjang 0,5 – 2,5 cm. Helaian daun bulat telur elliptis atau bulat telur memanjang dengan pangkal bulat dan ujung tumpul melekuk ke dalam sedikit, tepi beringgit dan panjangnya antara 2,5 – 9 cm. Bunga 1,5 2,5 cm diameternya, daun mahkota dari luar putih kuning, buah berbentuk bulat berwarna kuning setelah tua/masak dan berwarna hijau ketika masih muda dengan diameter 3,5 – 5 cm. Kulit buah 0,2 – 0,5 cm tebalnya. Warna daging buah kuning kehijauan. Bisa ditanam di daerah berketinggian 1 – 1.000 meter diatas permukaan laut.
            Jeruk nipis alias jeruk pecel atau jeruk tepis adalah semacam buah yang banyak mengandung air. Air buahnya sangat rasanya, tapi baunya sedap. Kulit buah pada jeruk nipis mengandung semacam minyak atsiri yang pahit rasanya. Minyak atsiri adalah sejenis minyak yang mudah sekali menguap pada suhu kamar tanpa mengalami penguraian terlebih dahulu, dan baunya sesuai dengan bau tanaman penghasilnya. Minyak tersebut mudah bersenyawa dengan alkohol, eter, dan minyak lemak, tapi sukar sekali larut dalam air. Minyak atsiri yang berasal dari kulit jeruk nipis dalam dunia perdagangan dikenal dengan nama minyak sitrun atau citroen olie. Minyak ini mengandung zat kimiawi citrol sebanyak 7 %. Kadar minyak atsiri dari kulit jeruk nipis adalah 1,8% dengan berat jenis 0,87. Minyak sitrun banyak digunakan untuk campuran minyak wangi dan obat-obatan. Untuk memperoleh minyak atsiri dari kulit jeruk nipis bisa diperoleh lewat cara apitan atau perasan.
    
     Daerah penyebaran jeruk nipis sangat luas, sebab di Indonesia jeruk nipis bisa tumbuh hampir di semua tipe tanah. Tapi hasil maksimum akan bisa diperoleh apabila ditanam di daerah yang banyak mengandung air dan bertanah gembur. Penanaman yang baik bisa dilakukan dengan jarak tanaman 6 ´ 6 meter. Sekali tumbuh jeruk nipis tidak banyak memerlukan pemeliharaan.
            Jeruk nipis bisa berbuah terus-menerus sepanjang tahun (tak mengenal musim)dengan produksi tiap pohon  ± 400 buah. Berbuah paling lebat pada waktu musim kemarau.
            Menurut Daftar Komposisi Bahan Makanan yang diterbitkan oleh Lembaga Makanan  Rakyat Departemen Kesehatan, tiap 100 gram jeruk nipis mengandung protein sebanyak 0,8 gram, lemak 0,1 gram, hidrat arang 12,3 gram, kalsium 40 mg, fosfor 22 mg, zat besi 0,6 mg, vitamin A 0 si, vitamin B1 0,04 mg, vitamin C 27 mg, air 86,0 gram, dengan nilai kalori 37 kalori. Sedang bagian yang dapat dimakan adalah 76% dari berat keseluruhan.
           
2.2       JERUK NIPIS SEBAGAI OBAT TRADISIONAL

  Ø   Jeruk nipis bisa digunakan untuk obat tradisional, misalnya :
    1.               Jeruk Nipis untuk Meringankan Batuk
Batuk bisa merupakan gejala awal tumbuhnya penyakit radang selaput lendir pada batang tenggorok dan pangkal tenggorok pada anak-anak berumur dua sampai lima tahun. Dan batuk ini bisa berkembang menjadi bronchopneumonia (radang paru rentik).
Batuk juga menyertai pada orang yang terkena penyakit paragonimasis (batuk darah), yang biasanya berkembang secara perlahan-lahan dan tidak membikin korbannya kelihatan sakit.
Begitu pula batuk-batuk juga menyertai pada orang yang terkena penyakit TBC paru-paru, dengan gejala batuk yang terus-menerus, tapi tidak selamanya keras.

Kadang-kadang juga disertai dengan adanya dahak atau riak. Batuk-batuk juga menyertai pada orang yang terkena Pneumonia lobar. Penyakit ini biasanya menyerang secara tiba-tiba dengan menggigil dan nyeri yang sangat dalam dada.
Batuk ada dua macam, yakni batuk yang disertai dahak atau reak, dan batuk kering (batuk yang tidak disertai dahak). Biasanya batuk kering serupa ini yang pertama kali timbul. Lama-kelamaan apabila tidak diberi pengobatan yang layak, batuk kering bisa berubah menjadi batuk basah atau batuk berdahak. Dalam istilah ilmu kesehatan batuk kering disebut batuk nonproduktif, sedangkan batuk basah disebut batuk produktif. Istilah produktif dalam hal ini yang dimaksud tak lain bersama-sama dengan batuk-batuk tersebut juga keluar produk lain, yakni reak atau dahak. Dahak atau reak sebetulnya merupakan kumpulan dari sisa-sisa pertahanan tubuh. Dan bila dilihat dengan memakai mikroskop di dalamnya akan jelas terlihat sel-sel tubuh yang sudah mati dan jaringan-jaringan pertahanan tubuh yang sudah tidak aktif lagi.
Dalam pengobatan secara tradisional bahan-bahan yang bisa membantu untuk mengobati / menghilangkan batuk bahannya bisa diambil dari tumbuh-tumbuhan. Misalnya jeruk nipis, bawang putih, lidah buaya, daun sirih, jintan, kapulaga, kedondong, dan sebagainya. Bahan-bahan tersebut bisa dipergunakan secara tunggal atau dalam bentuk ramuan dengan bahan-bahan obat yang lain.
Khusus untuk jeruk nipis dengan bahan-bahan ramuan lain bisa dimanfaatkan untuk membantu / meringankan batuk-batuk yang disebabkan oleh chronicbronchitis, pilek / influenza, nyeri tenggorokan, dan batuk rejan. Dengan ramuan resep sebagai berikut :
       a.            Chronic Bronchitis
Guna meringankan / menyembuhkan batuk ini bisa digunakan air perasan jeruk nipis yang telah tua sebanyak satu sendok teh dengan dicampur satu sendok teh kecap manis. Minum tiga kali sehari.

Selain itu untuk mengobati penyakit ini dengan jeruk nipis bisa pula dibuat dengan cara minuman. Ambilah satu gelas air panas lalu ditambahi dengan beberapa sendok air jeruk nipis ditambah sedikit garam. Minumlah ramuan ini selagi masih hangat.
      b.            Batuk Rejan
Secara tradisional batuk rejan bisa diobati dengan ramuan bahan berupa jeruk nipis 2 buah (ambil airnya saja), daun sirih 5 lembar, cengkeh 5 butir, pala  biji, dan air putih satu gelas. Semua bahan dimasak sampai airnya tinggal separuh saja. Setelah dingin diminum 3 kali satu sendok makan sehari.
Sedang untuk obat luar (olesan) bisa dipergunakan 1 sendok makan air jeruk nipis dicampur dengan 5 tetes minyak kayu putih, ditambah kapur sirih sejimpit. Campurkan semua bahan tersebut sampai merata. Lalu paramkan atau gosokkan pada dada, punggung, dan leher waktu menjelang tidur malam. Dan bagi yang menderita sakit batuk ini sebaiknya jangan makan gula-gula, manisan-manisan, es, dan makanan lain yang digoreng. Banyak istirahat dan tinggal dalam rumah sangat membantu cepatnya penyembuhan.
       c.            Nyeri Tenggorokan
Nyeri tenggorokan bisa disebabkan oleh selesma yang akut. Tapi juga bisa dikarenakan menghirup asap atau uap, merokok terlalu banyak, atau terkena tular suatu bakteri yang menyebabkan radang pada pangkal tenggorokan. Sehingga menyebabkan suara menjadi serak atau parau. Untuk menyembuhkan dan membuat kembali suara menjadi lembut dan merdu bisa dipergunakan ramuan : satu buah jeruk nipis yang telah tua ambil sari airnya saja, beri madu satu sendok teh, gambir atau pinang sirih yang telah dihaluskan satu sendok teh, air putih  gelas. Semua bahan diaduk rata, embunkan semalam. Bangun tidur ramuan ini diminum dan dikumurkan.

      2.            Melenyapkan Rasa Panas di Tumit dan Tapak Kaki
Gosokkan irisan buah jeruk nipis di seluruh tapak kaki dan tumit yang terasa terbakar. Khasiatnya adalah semua racun / toksin yang menumpuk pada pori kaki bisa dibersihkan oleh jeruk itu. Jeruk nipis berguna sekali untuk membuang racun ini dan membuat kulit menjadi bebas kuman.
      3.            Mengendurkan Ketegangan Otot Kaki
Para pengelana / pejalan jauh acap kali merendam kaki mereka dalam air hangat dan kemudian menggosokkan dengan air jeruk nipis. Khasiatnya : air hangat akan membuka pori-pori kulit dan jeruk nipis akan memberikan efek mendinginkan. Perlakuan semacam ini juga bisa dianjurkan untuk mereka yang ingin tidur nyenyak, karena adanya rasa nyaman di kaki.
      4.            Menghilangkan Kepalan Kaki
Kepalan (proses penebalan kulit tanduk pada kaki) dapat dihilangkan dengan menggosokkan irisan jeruk segar keseluruh bagian yang terkena kepalan. Kemudian biarkan irisan jeruk menumpuk di tempat itu semalam suntuk. Ulangi pekerjaan tersebut sampai kepalan lenyap dengan sendirinya.
      5.            Meredakan Penyakit Panas
Jika ada anggota keluarga yang mendadak sakit panas dan sulit memanggil dokter, bisa dicoba dengan mengompres. Air jeruk nipis, air kapur sirih, dan kira-kira satu sendok makan minyak kelapa setelah diaduk rata dan kental, usapkanlah pada ubun-ubun kepala. Kemudian tempelkan sapu tangan atau handuk kecil yang telah dicelup dalam cairan tersebut.
      6.            Membantu Ibu-ibu dalam Mengecilkan dan Mengeringkan Peranakan Sehabis Melahirkan
Dengan menambahkan air jeruk nipis dan sedikit kapur sirih pada parem perut (tapel), dan dilakukan setiap hari selama 40 hari, niscaya perut akan kembali langsing seperti sedia kala setelah seorang ibu mengandung itu melahirkan.

Akan lebih cepat lagi apabila dibantu dengan minuman yang terdiri atas campuran air jeruk nipis, garam, dan sedikit air kapur sirih yang sudah direndam dengan air masak.
      7.            Menghilangkan Rasa Capai
Rasa capai bisa merugikan usaha dan pekerjaan. Agar bisa lebih bersemangat dan giat dalam bekerja rasa capai perlu diusir. Caranya bisa dengan meminum ramuan jamu yang terdiri atas : 1 sendok makan madu asli, 2 sendok makan air perasan jeruk nipis, 1 sendok teh merica halus, 1 ons jahe di parut dan diambil perasan airnya saja. Ramuan ini diminum 2 ´ tiap satu minggu.
      8.            Kelingsir / Keseleo
Di Jawa Barat untuk menyembuhkan sakit “kelingsir” biasa digunakan obat ramuan dari : cabai rawit 4 – 9 buah, sedikit kapur sirih digiling halus, kemudian dicampur air jeruk nipis. Sapukan dan urut-urutkan hasil ramuan tersebut pada tempat yang sakit. Kelingsir artinya salah urat karena jatuh atau sebab lain.
      9.            Perasaan Tidak Enak pada Mulut
Untuk menghilangkannya minumlah satu sendok teh air jeruk nipis yang dicampur dengan madu. Campuran ini akan membantu mengurangi rasa tidak enak pada mulut, di samping membangkitkan semangat dan menyegarkan perasaan.
  10.            Menghentikan Kebiasaan Merokok
Isaplah sekerat jeruk nipis. Hal ini akan mendorong keinginan minum segelas air dengan begitu akan turut menolong pembasuhan nikotin yang terkumpul dalam tubuh, jeruk nipis juga akan menolong memenuhi kekurangan kebutuhan asam lambung dalam pencernaan makanan.
  11.            Antimabuk
Peraslah jeruk nipis, tambahi dengan air dingin (jangan air panas). Supaya mudah diminumnya, tambahkan gula sedikit. Sebelum berangkat bepergian minumlah jeruk nipis secukupnya. Ini akan membantu kita terhindar dari mabuk di perjalanan. Kalau bepergian dalam waktu lama (berhari-hari) meminum air jeruk ini bisa di ulangi setiap 6 sampai 10 jam sekali.


  12.            Memperlancar Air Kencing
Seiris jeruk nipis dimasukkan dalam secangkir air teh akan membantu melancarkan buang air kecil dan berkhasiat menghilangkan kepenatan.
  13.            Memar Karena Benturan
Buatlah param dari campuran 2 sendok makan beras, 3 jari kencur, 1 potong jahe, 1 potong kunyit sebesar kelingking, 125 gram gula jawa, 1 sendok makan asam jawa, 1 buah jeruk nipis, 1 lembar daun pandan, 1 sendok teh garam dapur. Rebus semua bahan kecuali beras. Beras di rendam dan di giling dengan kencur, jahe, dan kunyit yang telah direbus. Setelah halus tambahkan air rebusan sedikit demi sedikit. Kemudian tempelkan pada bagian yang memar. Ramuan ini juga bisa diminum untuk mengecilkan kembali kandung peranakan.
  14.            E k s i m
Eksim adalah rasa gatal-gatal dan panas dengan warna kemerah-merahan pada kulit. Kemudian melepuh pada kulit yang berwarna merah itu. Tapi apabila penyakit tersebut belum parah betul bisa dicegah dengan mengoleskanramuan obat sebagai berikut : 5 potong kunyit sebesar ibu jari, 1 sendok teh kapur sirih, 1 buah jeruk nipis diambil airnya saja. Semua bahan dicampur sampai halus dan dicampur dengan ragi tape. Oleskan ramuan tersebut pada luka yang diderita.
Sebagai usaha pencegahan banyaklah makan sayur-mayur dan buah-buahan yang banyak mengandung air. Jauhkan atau kurangi makanan seperti gula-gula, kue-kue, manisan, makanan gorengan, makanan-makanan dari hasil laut (udang, ikan, cumu-cumu, kerang-kerangan), daging, dan pakailah sedikit garam dalam masakan. Jangan terlalu banyak meminum teh, kopi, coklat, tembakau, dan minuman-minuman lain yang mengandung alkohol. Banyak isturahat, hindarkan pekerjaan-pekerjaan yang terlalu berat.

  15.            Membantu Sistem Pencernaan
Kulit jeruk nipis yang dikeringkan dan ditepungkan berkhasiat membantu lambung mengeluarkan getah lambung dan membantu sistem pencernaan tubuh. Begitu pula bila air perasan jeruk nipis diminum bisa mempercepat pengeluaran getah lambung serta mengakibatkan metabolisme.
  16.            Menghilangkan Bau Ketiak
Bau ketiak yang tidak enak benar-benar sangat menyusahkan. Lebih-lebih kalau sedang berkeringat. Untuk mengobatinya pakailah ramuan obat luar yang terdiri dari : kapur sirih  sendok makan dicampur dengan air jeruk nipis sehingga menjadi cairan seperti cat.
Cara memakainya : setelah mandi gosoklah ketiak dengan ramuan tersebut. Tunggu sampai kering, baru kemudian memakai baju. Dengan memakan buah pepaya yang cukup setiap hari, sangat membantu menghilangkan bau keringat yang tidak disukai. Bahkan bisa menghilangkan sama sekali.
  17.            Agar Keluar Keringat
Badan yang kurang enak, lesu, meriang, tapi tidak disebabkan oleh suatu penyakit, biasanya disebabkan keringat tidak bisa keluar dari pori-pori tubuh. Agar badan menjadi segar nyaman, selain dengan berolah raga bisa digunakan resep :
                   a.            Air jeruk nipis 1 sendok makan, jahe 7 gram, dan sawi lunak 5 gram, kencur parut 5 gram, gula secukupnya. Semua bahan dicampur dan diseduh dengan air mendidih satu gelas. Minum selagi ramuan masih hangat.
                  b.            Jahe sebesar jari dibakar, lalu digecek. Beri jeruk nipis 1 sendok makan, bubuk merica setengah sendok teh. Semua di aduk dan diseduh dengan air mendidih satu gelas. Minum selagi masih hangat.
                   c.            Agar badan terasa lebih enak dan nyaman lagi, setelah keringat keluar semua mandilah bersih-bersih.

  Ø   Jeruk nipis digunakan untuk perawatan tubuh atau kecantikan, misalnya :
        1.          Menghilangkan Noda Kehitam-hitaman pada Kulit
Jeruk nipis dibelah dua dicelupkan kedalam minyak tanah dan digosok-gosokan pada kulit yang kehitam-hitaman asal jangan sampai noda hilang.
        2.          Mengecangkan Kulit yang Lembek
Setengah potong jeruk nipis diperas dan di tambah dengan es. Lap kani yang dilubangi dekat mata di celupkan ke dalam air jeruk, ditutupkan pada muka yang telah dibersihkan selama 15 menit sampai airnya habis. Lap diangkat dan muka diberi sedikit vitamin cream selama 5 menit, atau susu encer ke muka. Lap muka dengan air biasa, atau lebih bagus lagi kalau dikompres dengan air es.
        3.          Melemaskan Kulit
Sisa potongan jeruk nipis yang telah diperas airnya bisa di gosokkan pada kaki atau tangan untuk melemaskan kulit. Begitu pula untuk melunakkan kulit siku yang kasar, bisa dipakai ujung irisan jeruk nipis untuk menggosokkannya.
        4.          Merawat Muka Berminyak
Kunyit diparut halus dicampur dengan 1 sendok teh madu diberi sedikit air perasan jeruk nipis. Oleskan pada wajah, biarkan beberapa saat baru kemudian dibersihkan dengan air biasa.
        5.          Menghilangkan Jerawat
Jerawat bisa dihilangkan atau disembuhkan dengan membersihkan muka memakai jeruk nipis yang telah tua. Menggosoknya pelan-pelan saja. Terutama pada bagian yang ditumbuhi jerawat.
        6.          Menghaluskan Kulit Muka
Susu sapi segar (mentah) setengah cangkir, diberi air perasan jeruk nipis sebanyak 4 sendok makan. Biarkan sebentar sampai campuran menjadi bergumpal-gumpal.Ambilah cairan tersebut dengan kapas putih dan uasapkan



  pada kulit muka secara merata. Biarkan kerinh (seperti pada masker). Kemudian dibersihkan dengan air hangat. Setelah itu disapu dengan air es segar agar pori-pori kulit menutup kembali. Bila dikerjakan secara teratur setiap pagi, kulit akan menjadi halus dan bersih.
        7.          Kulit Bersisik
 Untuk membantu kulit bersisik bisa digosok dengan irisan jeruk nipis yang baru saja dibelah. Pekerjaan ini harus diulangi keesokan harinya.
        8.          Kulit Kering
Kulit yang kering dan berlapis-lapis bisa dilembutkan kembali dengan cara menggosokkan kulit jeruk nipis. Karena kulit jeruk nipis mengandung semacam minyak atsiri yang berkhasiat.
        9.          Bintik-bintik Coklat pada Muka
Bintik-bintik kecoklatan pada air muka tesebut bisa disembuhkan dengan mengoleskan campuran berupa : Satu sendok makan air jeruk nipis, ditambah 1 sendok air mawar, kemudian diberi bubuk dari bunga Elder ( bisa dibeli di toko) untuk dibusat pasta yang halus. Tempelkan ramuan tersebut pada kulit yang kotor. Biarka sampai semalam. Ramuan ini bisa membantu menghilangkan kulit yang cacat, dan membuat wajah nampak lebih segar.

  Ø   Jeruk nipis untuk perawatan rambut, misalnya :
1.      Menghitamkan dan mengkilatkan rambut
Setelah rambut dicuci dengan sampo, olehi santan masak yang telah dicampur perasan jeruk nipis. Biarkan agak 15 menit, lalu dicuci lagi sampai bersih dengan air biasa.
2.      Mencegah Rambut rontok
Untuk mengatasi kerontokan rambut yang terus-menerus sehingga rambut dikepala semakin menipis dan mengering ada baiknya dicoba ramuan sebagai

berikut : ambillah jeruk nipis yang sudah dipotong menjadi 4 atau 5 bagian, gosokkan pada kulit kepala secara merata sambil diurut-urut secara perlahan. Lalu berikan putih telur atau merah telur setelah itu dibungkus dengan handuk kering dan dibiarkan beberapa jam. Setelah itu dicuci seperti biasa. Lakukanlah usaha ini dua kali dalam seminggu. Setelah satu bulan akan terlihat hasilnya. Rambut tidak lagi rontok dan mulai terlihat menebal.
3.      Menghitamkan Rambut
a.       Pakailah sampo yang terbuat dari campuran air jeruk nipis 3 sendok makan dan santan kental setengah cangkir.
b.      Dapat juga dipakai campuran jeruk nipis 3 buah dan minyak kelapa satu sendok makan. Gosokkan campuran tersebut pada kulit kepala sambill dipijat-pijat hingga rata. Biarkan 1 jam. Kemudian rambut dicuci biasa, hal ini harus dikerjakan setiap kali mencuci rambut. Pakailah sampo buatan sendiri.
4.      Agar Rambut tetap
Buatlah sampo yang terdiri atas merang ketan hitamsatu ikat, yang kemudian dibakar sampai menjadi abu. Beri air dua gelas, tambahkan air jeruk nipis setengah cangkir. Biarkan semalam Cemerlang (diembunkan) dan oagi harinya bisa dipaki sebagai sampo. Setiap kali mencuci rambut pakailah sampo serupa ini.
5.      Rambut Berminyak dan cepat kotor
Kotoran ini bisa dibersihkan dengan air hangat yang telah dicampur dengan air perasan jeruk nipis.
6.      Mencegah Ketombe
Rambut berketombe bisa dicegah dengan memulas kulit kepala memakai iar jeruk nipis. Biarkan sampai setengah cangkir. Untuk mencuci atau membilasnya yang terakhir juga dipakai air yang juga sudah diberi air perasan jeruk nipis.


  Ø   Jeruk Nipis untuk Perawatan Badan dan Bagian Tubuh lainnya :
        1.               Menghilangkan Bau Badan
Segenggam daun jeruk nipis yang masih muda, giling sampai halus, pulung-pulung kecil-kecil seperti tablet. Bila dikeringkan bisa tahan lama. Minum 3 kali sehari satu tablet sesudah makan. Apabila susah mendapatkan daun jeruk nipis bisa dipakai jeruk nipisnya saja. Caranya :air jeruk nipis 1 sendok dicampur dengan air kapur sirih 1 sendok teh. Kemudian ditetesi parfum yang paling disukai. Oleskan campuran tersebut pada ketiak sampai merata, campuran tersebut bisa tahan sehari semalam keharumannya pada badan kita.
        2.               Menghilangkan Bau Badan Waktu Datang Bulan
Minumlah ramuan yang terdiri atas campuran perasan kunyit 1 gelas dan air jeruk nipis 3 sendok makan. Campuran tersebut diminum setiap pagi dan sore sampai masa datang bulan tersebut selesai. Setiap kali meminum harus dibuat ramuan yang segar.
        3.               Mengecilkan Perut
Meminum satu gelas teh pahit di tambah satu buah perasan air jeruk nipis. Sehari diminum tiga kali sebanyak satu gelas. Dalam meminumnya harus dihindari jangan sampai pada waktu perut kosong, sebab bisa mengakibatkan luka lambung.
        4.               Tapel Perut Setelah Melahirkan
Dengan cara air jeruk nipis satu buah, satu sendok teh minyak kayu putih, setengah sendok teh kapur sirih, setengah bulatan ragi tape, satu sendok makan bubukan genting rumah. Bahan-bahan tersebut dilumatkan menjadi satu sampai rata betul. Tapel ini dipakai setiap habis mandi. Hal ini dikerjakan sampai empat puluh hari lamanya.
                              

2.3       Membuat Minuman Segar
Bahan-bahan untuk membuat minuman ringan:
            Bahan-bahan untuk membuat minuman ringan yang perlu disiapkan antara lain:Air,bahan pemanis,bahan penamabah rasa ,bahan pengental, bahan pengawet,dan bahan pengeruh.
a.       Air
Air merupakan unsur utama sebagai bahan pelarut dari berbagai bahan yaitu berbentuk padat,pasta,ataupun cairan kental. Disamping itu air juga merupakan bahan terpenting sebagai isian. Air yang bisa diperlikan sebagai bahan minuman adalah air tawar yang bersih dan masak
b.      Bahan pemanis
Untuk bahan pemanis paling banyak di perlukan larutan gula. Tapi ada pula orang yang mempergunakan bahan pemanis selai gula, yakni sakarin dan sodium siklamat. Tapi untuk 2 jenis bahan pemanis terakhir ini ada ketentuannya. Menurut peraturan menteri kesehatan RI tanggal 28 november 1974 untuk larutan sakarin di izinkan boleh di pergunakan Cuma 0,005% saja, sedang untuk sodium siklamat 0,06%. Sebab penggunaan yang melebihi dosis di duga bisa mengakibatkan kanker untuk sakarin, dan penyakit gula(diabetes melitus) untuk sodium siklamat.
c.       Bahan penambah rasa
Sebagai bahan penambah rasa biasanya di tambahkan asam sitrat, asam arkobat, asam tratat, asam laknat, garam dapur, dan bahan perangsang lainnya.

d.      Bahan pengawet
Bahan pewarna dipakai terutama sebagai daya tarik. Lebih-lebih jika minuman itu di produksi untuk di pergunakan. Warna yang segar yang menggiurkan tentu akan menambah selera orang untuk meminumnya. Tapi untuk memilih bahan pewarna bagi makanan dan minuman orang harus berhati-hati, terutama bahan pewarna kimia.
e.       Bahan pengental
Bahan pengental banyak digunakan orang terutama dalam pembuatan sirup, sehingga  pengusaha bisa menggunakan sirup dengan kekentalan seperti madu. Caranya bahan di campur air bersih, sehingga didapatkan cairan seperti lendir.
f.       Bahan pengawet
Bahan pengawet besar peranannya dalam industri makanan dan minuman. Fungsinya untuk mencegah, memperlambat, serta menghentikan pertumbuhan jasad renik; sehingga bisa menghindarkan makanan atau minuman dari proses perusakan atau pembusukan. Menurut peraturan Menteri Kesehatan RI No. 10177/A/SK/74 tanggal 28 November 1974 ada 12 macam bahan pengawet yang diizinkan di pakai dan beredar di seluruh wilayah Indonesia. Salah satu di antaranya adalah asam benzoat. Untuk asam benzoat ini penggunaannya dibatasi antara 160 sampai 1.00 ppm (part permillion).
g.      Bahan Pengeruh
Bahan pengeruh terutama dipergunakan pada pembuatan sirup. Misalnya untuk sirup durian, sirup sirsak, sirup jeruk, dan sebagainya. Bahan yang di pakai tak lain adalah Cludifi cator. Warna bahan ini putih seperti pasta. Sebaiknya dalam mengolah minuman ringan ini jangan mempergunakan peralatan yang terbuat dari alumunium. Sebab alumunium mudah bereaksi dengan bahan-bahan yang bersifat asam.

2.4       JERUK NIPIS UNTUK SELAI
 Selai alias jem adalah bahan makanan kental atau semi padat. Selai dibuat tidak kurang dari 45 bagian berat buah-buahan dan 55 bagian berat gula. Campuran tersebut kemudian dipekatkan sampai hasil akhirnya mempunyai kadar gula tidak kurang dari 68 persen. Untuk pembuatan jem gula digunakan terutama sebagai bahan pengawet. Kadang-kadang dalam jem masih ditambah bahan pengawet anti kapang, seperti natrium benzoat, misalnya :
a.              Jeruk Nipis untuk Selai Wortel
Bahan :
            Dua mangkok wortel parut mentah,  dua jeruk keprok atau jeruk manis/jeruk garut yang besar diperas airnya, dua jeruk nipis diperas airnya, lima mangkok air, gula, asam sitrun secukupnya.
Pembuatan :
            Parutlah jeruk nipis dan jeruk manis, kemudian diambil atau diperas airnya. parutan wortel dan ampas kulit jeruk dimasukkan bersama-sama dalam air dua mangkok kira-kira selama 20 menit. Kemudian tambahkan air jeruknya. Untuk campuran sebanyak 1 mangkok yang baru ditambah 2/3 mangkok gula dan asam sitrun secukupnya. Aduk sampai merata, kemudian campuran tersebut dipanaskan dalam panci atau wadah lain sampai kadar zat padatnya mencapai 68% (diukur pakai refrato meter). Kemudian ditambahkan natrium benzoat sebanyak 0,1% dari berat bahan dan diaduk sampai merata. Jem yang masih panas dimasukkan ke dalam gelas (botol bertutup lebar) yang telah di sterilkan (direbus selama 1 jam). Setelah ditutup dibalikkan dan dibiarkan dingin lewat udara. Jem banyak digunakan sebagai lapisan atau pengisi roti dan kue-kue.

b.             Jeruk Nipis untuk Selai Pepaya
Bahan :
Satu mangkok pepaya yang telah dikeruk. -  mangkok gula pasir, satu sendok teh asam sitrun, air jeruk nipis, dan kulit jeruk nipis yang telah di parut.
Pembuatan :
Pepaya dan gula pasir dimasak diatas api yang sedang. Aduk terus-menerus, jaga jangan sampai hangus bagian bawahnya. Kira-kira satu jam kemudian tambahkan kulit jeruk dan air jeruk nipisnya, masak lagi sebentar. Selai ini sudah jadi apabila diteteskan di piring tidak ada yang mengalir seperti air, tapi mengental seperti puding.
2.5       Penyedap atau Bumbu Masakan
       Jeruk nipis sebagai penyedap atau bumbu masakan banyak dipakai dalam pengolahan masakan daging dan ikan, meskipun dalam beberapa masakan segar tertentu jeruk nipis sebagai bumbu penyegar dan penyedap juga banyak digunakan orang sebagai pengganti cuka. Di bandingkan dengan cuka pemakaian jeruk nipis sebagai bumbu ternyata memberi cita rasa tersendiri, lebih segar, lezat dan sedap. Guna membumbui daging dan ikan, selain membantu menghilangkan bau amis dan tidak sedap, juga mengempukkan daging yang alot.
            Di bawah ini kami turunkan beberapa resep masakan yang bumbunya mempergunakan jeruk nipis dalam pengolahannya. Masakan ini sudah cukup populer di Indonesia, dan telah dikenal sebagai masakan nasional. Jenis masakan tersebut antara lain :
1.        Tahu Kecap
Bahan :
Tiga biji tahu besar yang telah di goreng dan diiris-iris, satu mangkok taoge, yang telah disiram air panas, bumbu gado-gado secukupnya, 1 - 2 sendok makan kecap manis, 1 - 2 sendok makan sari jeruk nipis, bawang goreng secukupnya, beberapa biji emping goreng.
Membuatnya :
Satukanlah bumbu gado-gado, kecap, sari jeruk nipis. di piring aturlah tahu gorengnya, di atasnya ditaruh taoge. Siramlah diatasnya saus dan bawang merah goreng. Hidangkan bersama emping.
2.        Tahu Campur Bumbu Kacang
Bahan :
Tiga tahu besar goreng dipotong-potong dan diiris-iris, dua kentang besar diiris panjang dan digoreng, 1  mangkok taoge disiram dengan air mendidih, 1 ketimun besar yang diiris tipis-tipis, 3 - 4 emping goreng, cabai merah diiris-iris, 2 siung bawang putih diulek halus,  mangkok kacang tanah disangrai dan ditumbuk, 1 - 2 sendok makan kecap manis, 1 – 2 sendok makan air jeruk nipis.
Membuatnya :
Cabai, bawang putih, kacang tanah ditumbuk halus. Taruhlah kecap, air jeruk, dan sedikit air sampai kental. Aturlah tahu, kentang, taoge, dan ketimun dipiring. Dan siramlah saus kacang diatasnya. Hiasi bawang goreng dan emping.







3.         Kedelai panggang
Bahan:
1 mangkuk kedelai yang telah di masak dan di haluskan,1 mangkuk keju di parut, 1 mangkuk tepung panir, 2 siung bawang putih di uleg, 2 sendok makan irisan bawang merah, air dari  buah jeruk nipis dan kulitnya di parut, 1 sendok makan irisan seledri,  mangkuk air, garam, vetsin secukupnya.
Membuatnya:
Tumislah bawang sebentar , lalu masukkan ke dalam campuran kedelai, keju, dan tepung panir. Tambahkanlah bahan-bahan atau minyak. Pangganglah selama  jam dengan api sedang.
4.         Sambal goreng cabai hijau dan touco
Bahan:
5 – 7 cabai hijau(utuh atau dibelah), 1 tahu dipotong persegi, 2 sendok makan bawang merah di iris, 2 siung bawang putih, 1 – 2 cabai merah, 1 sendok teh
 gula merah, 2 senok makan air jeruk nipis, 1 – 2 daun jeruk purut, 1 – 2 sendok makan tauco sedang atau manis,  liter santan(2 mangkuk), minyak sedikit, garam.
Membuatnya:
Semua bumbu di uleg halus, kecuali jeruk purut. Kalau sudah setengah masak cabai hijaunya baru di tambahkan santannya. Masak terus sampai keluar minyaknya.
5.         Jantung pisang tone(masakan maluku)
Bahan:
Jantung pisang
Sambalnya:
Kelapa setengah tua, bawang merah, cabai, garam, terasi, air jeruk nipis, daun kemangi.


Membutnya:
Jantung pisang di cuci bersih, kemudian di rebus sampai masak. Kelapa di parut, campurkan dengan bumbu-bumbu yang terlebih dulu sudah di haluskan. Beri air jeruk nipis agar aromanya lebih sedap dan segar. Campurkan bahan-bahan tersebut, kemudian bungkus dengan daun pisang. Panggang sebentar di api.
2.6              KESERBAGUNAAN JERUK NIPIS YANG LAIN
1.      Menghilangkan bau amis
Bau amis pada tangan sesudah makan atau membersihkan ikan bisa di tolong dengan menggosokkan irisan-irisan jeruk nipis. kemudian setelah digosok rata di cuci bersih dengan air bersih.
2.      Bahan pembantu membatik
Dalam membatik biasanya jeruk nipis sebagai campuran saren. Saren biasanya terdiri dari pijir, tawas, sari cina, gula tebu, air jaruk nipis, dan air bersih yang dingin. Saren gunanya untuk menyempurnakan warna soga. Kain batik udi beri warna soga dan disaren bisa menjadi berwarna coklat.
3.       Membatu menelan minyak ikan
Minyak ikan banyak mengandung vitamin D. Tapi kadang-kadang sulit ditelan orang karena baunya yanug kurang sedap. Untuk membantu meminumnya sehingga  gampang ditelan peraslah sedikit air jeruk nipis di dalamnya. Sehingga baunya yang menusuk bisa dikurangi.
4.      Menghilangkan noda besi dan tinta
, sebenarnya bisa lebih lezat dan enak apabila cuka diganti dengan air jeruk nipis. aroma dan kemasaman dari jeruk nipis lebih segar dan merangsang selera.

Untuk menghilangkan noda besi dan noda tinta, bagian yang terkena noda diberi air jeruk nipis dan di jemur beberapa saat pada sinar matahari. Kemudian baru dicuci seperti biasa.
5.      Melarutkan sakarin
Guna mempercepat menghancurkan tablet sakarin, letakkan tablet sakarin,diatas sendok makan. Beri tiga tetes air jeruk nipis. sakarin akan lebih cepat hancur dan mudah dilarutkan dalam air.
6.      Saus pada sate dan soto
Untuk menambah sedapnya hidangan masakan soto,gulai,dan sate selain diberi cuka.
7.      Menghilangkan noda teh pada cangkir
Untuk menghilangkan noda teh pada cangkir  serta mengkilatkan panci-panci untuk memasak ,dalam mencucinya dalam abu gosok ditambahkan potongan-potongan jeru nipis. potongan-potongan jeruk nipis diambil dulu sari airnya.
8.      Menghilangkan noda seterikaan pada kain
Kapas dibasahi dengan air. Lalu diperas, kemudian dimasukkan pada air jeruk nipis. terus di gosokkan pada noda di kain.
9.      Mengempukkan daging
Daging ayam dan daging sapi lebih empuk dan lezatv rasanya apabila sebelum di goreng bumbunya di tambah dengan air perasan jeruk nipis.

2.7               KEGUNAAN DAN KANDUNGAN JERUK NIPIS
  v   KEGUNAAN JERUK NIPIS
Jeruk nipis sangatlah berguna bagi tubuhmanusia, biasanya jeruk nipis berguna untuk obat tradisional, misalnya :
1.      Untuk meringankan batuk
2.      Untuk melenyapkan rasa panas ditumit dan telapak kaki
3.      Untuk mengendurkan ketegangan otot kaki
4.      Untuk menghilangkan kepalan kaki
5.      Untuk meredakan penyakit panas
6.      Untuk membantu ibu-ibu dalam mengecilkan dan mengeringkan peranakan sehabis melahirkan
7.      Untuk menghilangkan rasa capai
8.      Untuk kelingsir atau keseleo
9.      Untuk perasan pada mulut
10.  Untuk menghentikan kebiasaan merokok
11.  Untuk anti mabuk
12.  Untuk memperlancar air kencing
13.  Untuk memar karena benturan
14.  Untuk eksim
15.  Untuk membantu sistem pencernaan
16.  Untuk menghilangkan bau ketiak
17.  Untuk mengeluarkan keringat

Jeruk nipis juga berguna untuk kecantikan, misalnya :
1.      Untuk menghilangkan kehitam-hitaman pada kulit
2.      Untuk mengencangkan kulit yang lembek
3.      Untuk melemaskan kulit
4.      Untuk merawat kulit muka berminyak
5.      Untuk menghilangkan jerawat
6.      Untuk menghaluskan kulit muka
7.      Untuk menghilangkan kulit bersisik
8.      Untuk menghilangkan kulit kering
9.      Untuk menghilangkan bintik-bintik coklat pada muka

Jeruk nipis juga berguna untuk merawat rambut, misalnya :
1.      Menghitamkan dan mengkilatkan rambut
2.      Untuk mencegah rambut rontok
3.      Untuk menghitamkan rambut
4.      Untuk rambut cemerlang
5.      Untuk rambut berminyak dan cepat kotor
6.      Untuk mencegah ketombe

Jeruk nipis juga berguna untuk perawatan badan dan bagian tubuh lainnya, misalnya :
1.      Untuk menghilangkan bau badan
2.      Untuk menghilangkan bau badan waktu datang bulan
3.      Untuk mengecilkan perut
4.      Untuk menghilangkan tapel perut setelah melahirkan

        *          KANDUNGAN JERUK NIPIS

Jeruk nipis mengandung asam sitrat, vitamin C 27 mg, vitamin B1 0,04 mg, kalsium 40 mg, kalori 37 g, fosfor 22 mg, protein 0,8 g, zat besi 0,6 mg, hidrat arang 12,4 g, air 86 g, dan lemak 0,1 g.













BAB 3
PENUTUP

3.1       KESIMPULAN

            Jeruk nipis sebagai salah satu hasil tanaman pekarangan ternyata tidak kecil peranan dan manfaatnya guna menunjang kesejahteraan dalam lingkungan keluarga. Sebenarnya disamping sebagai tanaman pekarangan, jenis jeruk ini pun bisa diusahakan dalam kebun buah-buahan, atau bisa juga diusahakan sebagai tanaman sela.
            Misalnya sebagai tanaman utamanya mangga, lalu oleh pekebun di sela-selanya ditanam dengan jarak 6-7 meter pohon jeruk nipis. Kemudian ditanam lagi dengan tanaman yang mempunyai jarak tanam yang lebih rapat lagi misalnya pepaya, pisang, dan lain-lain. Dan terakhir ditanam jenis tanaman jarak tanamnya lebih rapat lagi, misalnya nanas, empon-empon, dan sebagainya. Dalam usaha penanaman serupa ini sebelum pohon mangga benar-benar menghasilkan, petani atau pekebun bisa memanfaatkan terlebih dahulu hasil sampingan dari tanaman sela ini. Tapi setelah pohon mangga menjadi besar dan mulai berproduksi, tanaman sela satu persatu harus di tebang sampai tinggal pohon mangganya saja sebagai pohon utama.
            Akhir-akhir ini sangat populer di kota-kota besar tanaman dalam pot. Selain jenis bunga-bungaan, kini pohon buah-buahan dalam pot pun mulai merajai pasaran sebagai tanaman hias yang tak kalah cantik dan menariknya. Dalam hal ini hampir semua jenis jeruk bisa di usahakan orang untuk di tanam dalam pot. Untuk jeruk nipis yang ditanam dalam pot bisa diambil dari bermacam-macam bibit, bisa setek, okulasi maupun sambungan.

Dan sebagai tanaman pot jeruk nipis bisa menjadi tanaman hias yang sangat menarik. Lebih-lebih bila pohon ini telah mulai berbuah. Apabila disertai dengan perawatan dan pemupukan yang memadai, buah yang dihasilkan dari tanaman pot ini pun bisa sarat dan lebat. Meskipun bentuk pohonnya ramping, mungil, dan kecil.
            Jeruk nipis buah serba guna. Pemanfaatannya lebih jauh perlu sekali digali lebih banyak lagi, mengingat penggunaan buah ini masih terbatas sekali di masyarakat kita.

3.2       SARAN

1.             Sebaiknya kita menggunakan jeruk nipis sebagai obat karena lebih aman untuk digunakan.
2.             Sebaiknya kita menggunakan jeruk nipis sebagai bahan kecantikan karena sudah terjamin kualitas dan tidak ada efek samping yang berbahaya.
3.             Sebaiknya orang Indonesia membudidayakan jeruk nipis, karena kegunaannya yang sangat banyak.
4.             Sebaiknya orang Indonesia lebih mengenal manfaat dan kandungan jeruk nipis yang baik bagi tubuh manusia.
5.             Sebaiknya generasi muda harus mengetahui kegunaan dan manfaat jeruk nipis.

3.3       DAFTAR PUSTAKA

        *          www.wikipedia.com
        *          Buku tentang Jeruk Nipis dan Pemanfaatannya karya B. Sarwono





0 komentar:

Silahkan Beri Komentar

Template by : kendhin x-template.blogspot.com