Alfa Computer : Jl Raya Watudandang Prambon Nganjuk (1/3an SMPN 1 Prambon)

Senin, 11 Juni 2012

Drama KISAH SAHABAT dari SMAN 1 Prambon


NASKAH DRAMA
TEMA : PERSAHABATAN
JUDUL : KISAH SAHABAT



TOKOH :
1.      ADINDA PRADANA CITRA         SEBAGAI  DR DINDA
2.      DEWI SUCI WULANDARI            SEBAGAI  GRETTA
3.      DINI TRI VERAWATI                     SEBAGAI DESTA
4.      ENDAH AYU PURTAMA               SEBAGAI SISKA
5.      NONIK CICI MEISA PUTRI           SEBAGAI TITA
6.      NOPRI  ANDRIANI                                     SEBAGAI OLIVIA
7.      OKTAVIA DWI PUSPITASARI     SEBAGAI DENTHA


PEMBIMBING : BU LINA AMBARWATI



UPTD SMAN 1 PRAMBON
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
KISAH PERSAHABATAN

Angin yang berhembus seakan ikut menyapa kedatangan mentari, pagi hari ini terasa dingin , seakan – akan ikut membekukan hati dan perasaan suasana di SMAN 25  Jogjakarta. Seperti biasanya ada 3 orang anak yang bernama dentha, gretta dan desta. Mereka sangat terkenal judes dan jahat. Mereka selalu menindas dan meremehkan teman teman mereka yang mereka anggap tidak sederajat dengan mereka.
Gretta                          : (memandang sekeliling, mencari dentha)
                        “Hai Dentha...!!!”
Dentha            : (memeluk dan mendekap gretta)
                        “ hai juga tha...!!!”
Gretta              : ” gimana-gimana den? Liburan sekolah loe selama satu minggu ini! Loe
  kemana aja?”
Dentha            : “huft... ya giotu deh tha? Gua diajak bokap gua ke bali, maklumlah , bokap
  sama nyokap gue cek, cok, cek, cok gitu.....
Gretta              : “oh... eh den! Lha cowok loe si dika tu kemana? Loe liburan nggak jalan –
  jalan sama dia donk?”
Denta             : “huh..... udah lah ta? Loe nggak usah bahas si cowok brengsek itu di depan
 muka gua, eneg gue dengarnya”
Gretta             : “lhooh, emeng kenapa cowok loe itu??
Dentha                        : “ dia selingkuh tha? Sama siska mantan pacarnya itu... dasar cewek ganjen”
Gretta             : “ hellew?? Hah... siska.. oh my god? Siska...? oh no.... no..no...no
Dia itu ya jauh banget bedanya sama elo? Dika tuh matanya, dimana sih matanya, di dengkul kali ya? Makanya dia nggak bisa lihat cewek yang pantas buat ngedampingin dia!! Yaitu elo den?”
Dentha            : “ya itu masalahnya ta? Gua juga nggak ngerti apa yang ada di pikiran dika?
Gretta             : “(menepuk pundak dentha) ”udah loe tenang aja, serahin urusan ini ama
  gua?”

Bel masuk berdering menandakan dimulainya kegiatan belajar mengajar. Suasana di kelas seperti biasanya . tiba waktunya istirahat, suasana dikantin cukup ramai, deretan pojok dekat pintu ada 2 orang cewek. Mereka bernama siska dan tita.
Sisika               : “ guys, aku bingung? (sambil menampakkan wajah bingung)”
Tita                  : “ bingung kenapa loe sis? (memandang siska)
Siska                : “ gini loe tit, kemarin kan aku disms dika, aku diajak dika buat jenguk
mamanya yang sedang sakit, sebenarnya aku nggak mau dia ajak, tetapi dika cerita sama aku dia sedang marahan sama dentha, dia mohon-mohon sama dentha, supaya bisa ngertiin keadaan ibunya.  Tapi dentha tetap gak mau ngerti, makanya aku mau temenin dika, aku juga ingin mengetahui keadaan ibunya. Sudah membaik pa belum. Dika juga cerita sama aku, bahwa dia juga benar – benar cinta sama dentha.
Tita                  : “lha terus?? Kamu bingung kenapa sis? Perasaan nggak ada yang perlu
 di bingungin”
Siska                : “waktu aku dibonceng sama dika itu, aku ketemu sama dentha, dia marah –
  marah sama dika dan aku. Aku nggak enak aja sama dentha?”
Tita                  : “kamu minta maaf aja sama dentha, kamu jelasin semuanya sis?”

Tiba – tiba dentha dan gretta datang dari belakang dan menguping pembicaraan mereka.
Dentha            : “(menampar wajah siska)
“heh loe, jangan macam – macam sama gue, udah puas loe ngrebut pacar gue, puas loe dasar cewek ganjen”
Gretta             : “hech... loe siska, jangan sok dong loe disini. Mang loo sapa ha...?
Siska                : “gretta, dentha ada apa?? Aku bisa jelasin den? (Dengan nada rendah)”
Gretta             : “(menepuk pundak siska) heh... kumel, loe tu jangan sok suci disini jangan
  sok munafik deh loe jadi anak”
Siska                : “grett, place dengerin aku, aku bisa jelasin semua... gret”
Tita                  : “iya, seharusnya kamu dengerin siska jelasin semua kamu jangan marah –
marah dulu”
Gretta             : (memegang kedua pundak tita)
“dengar ya? Elo itu nggak usah ikut campur, tau apa loe itu... ini tu urusan gue, siska dan dentha, jadi elo nggak usah ikut campur!!!..... inget?”
Tita                  : “tapi kamu jangan marah – marah gitu?”
Dentha            : “diem loe... loe tu nggak tau apa – apa (menampar wajah tita)”
Desta               : (memegang tangan kedua temannya) “gret, dentha, udah dong loe tue jangan
bikin masalah terus di sini. Poin kita itu udah banyak! Ntar kalau kita dikeluarin gimana?
gretta               : ”desta, kamu itu temen kita, kenapa sih lebih ngebelain cewek kumel itu”
desta                : “gret, gue tu nggak ngebelain dia... inget dong, poin kita udah banyak! Kalau
nanti ketahuan BP gimana? Oh... now.. kta bakalah di keluarin, loe mau gret, den, kalau sampai begitu”
dentha                         : (mendorong siska) loe? Jangan mentang – mentang loe mantannya dika, loe
jadi sok disekolahan ini”
siska                :” gretta, dentha, desta... dengerin aku dong... aku bisa jelasin, denta, dika itu
sebernarnya sayang banget ma kamu den. Dia tidak mau kehilangan kami.
Dentha            : “halach... gak usah bohongin gua loe.. gua tau siapa loe.. iya benar memang
loe mantanya dika, tapi loe nyadar dong? Dia tu sekarang dah milih aku? Kalau loe masih mengharap-harapkan dia? Oke!! Gua akan putusin sekarang. Tapi asal loe tahum gua tuch sayang banget ma dia.
Siska                : “nggak den? Aku sudah tidak mengharapkan dia lagi, hatiku sudah sakit
karena dia sudah menyakiti hatiku, dulu waktu masih pacaran ma aku dalam hatinya dia tu bukan aku den tapi kamu. Aku sudah tau itu semua, tapi aku diam saja, lalu aku putusin dia. Dan sekarang dia sudah jadian ma kamu kan den. Aku tuch dan senang banget den, kamu sudah jadian sama dika.
Gretta              : “halach!!! Paling itu semua Cuma omiong kosong kamu...!!”
Siska                : “bener gret, aku tu nggak bohong, kalo kamu nggak percaya kamu tanya aja
  ma dika
Desta               : “sudah .. sudah!! Ini semua bisa diselesaikan dengan cara baik – baik, tidak
  seperti ini.
Gretta              ; “kenapa sih kamu selalu belain dia, dia itu sudah nyakitin hatinya denta”
Desta               : “aku tue bukannya belain dia gret, tapi masalah ini kan bisa diselesaikan
  dengan cara baik-baik kan? Tidak seperti ini
Siska                : “iya, gret, den, desta itu benar. Aku tue nggak bohong, semua yang aku
katakan tuch benar dan masalah ini bisa diselesaikan dengan baik-baik kan, nggak perlu dengan cara seperti ini.
Dentha            : “hech!! Loe diem aja nggak usah kebanyakan ngomong, ini semua tuch gara-
  gara loe semua. Kalo loe nggak begitupasti ini semua tidak bakalan terjadi. “
Gretta             : “ya benar tuch kata dentha, kalao loe penyebab semua ini.”
Tita                  : “sudahlah, sekarang kita selesaikan masalah ini dengan baik-baik “
Dentha            : (menunjuk tita) heh loe diem aja, gretta, desta mendingan kita pergi aja....
 males gua ngurusin gembel – gembel ini...!!!”
Gretta             : “ya sudahlah... kita pergi aja lach... lagian gua males ngladenin dia”

Gretta, dentha dan desta pergi meninggalkan siska dan tita, jam sekolahpun berdering menandakan waktu istirahat telah usai dan berganti waktu pelajaran.
Sepulang sekolah seperti biasa, denta, gretta dan desta pergi shopping dan selalu pulang malam. Hari ini desta tidak masuk sekolah, denta dan gretta hanya berdua tanpa di temani desta sahabatnya

Gretta             : eh den, desta kenapa nggak masuk?
Dentha            : mana ku tau? Mungkin dia sakit ta?
Gretta              : hummmbb.... mungkin aja
Tiba – tiba olivia datang menghampiri denta dan gretta
Olivia             : gret, aku boleh pinjam sweater kamu nggak?
Gretta             : apa loe bilang? Pinjam sweater gua?
  (tertawa.. haha... ha.... ha .. emang loe tu siapa
Dentha            : heh... !!! berani banget loe mau pinjam sweater temen gua, ngaca dong loe??

Denta dan gretta pun pergi meninggalkan olivia dengan wajah yang penuh dengan kesombongan
Gretta             : (sambil membawa sweater). Gile ya tu anak, mau pinjam sweater gua??
  Berani banget!!
Denta             : maklum ta, anak caper

Denta dan gretta masuk ke kelas masing – masing. Suasana kelaspun seperti biasanya, anak anak selalu ramai dan bertindak jail. Suasana istirahat yang dinanti – nantikan pun  tiba, sepeti biasanya denta dan gretta ke kantin favorit mereka. Tiba – tiba oliviapun datang menghampiri mereka...
Olivia             : hai.. denta, gretta..??
Dentha            : ada apa ke sini?
Olivia             : gret, den, aku boleh nggak ikut genk nya kalian
Dentha            : tunggu... tunggu... tunggu!! Apa loe bilang... ikut genk kita
Tiba – tiba denta membisikkan sesuatu kepada gretta
Dentha            : Oke...!! elo boleh ikut genk kita, asal ada syaratnya
Olivia             : benar den? Apa den syaratnya....
Dentha            : loe harus turutin apa yang kita mau? Gimana loe mau eggak?
Olivia             : iya den, aku mau kok. Emangnya apa?
Dentha            : (ehem-ehem) loe setiap hari harus ntraktir kita makan, ngerjain tugas kita,
  trus sepulang sekolah mijitin kita!! Gimana loe mau nggak?
Olivia             : oke grettam dentha, aku mau kok

Sejak saat itu, olivia selalu melakukan apa yang disuruh oleh gretta dan dentha. Setiap hari membelikan gretta dan dentha makan, mengerjakan tugas mereka dan memijit mereka. Suatu hari disaat olivia ada masalah ia bermaksud meminta bantuan kepada gretta dan denta
Olivia             : gretta, dentha .. aku mohon tolong aku
Gretta & dentha  : tertawa terbahak – bahak
Dentha            : emang loe tu sapa? Hahahahaa.... kasian......????
Gretta              : heh.. elu tu jangan ngarep loe bisa temenan ma kita. Bodoh kita temenan ma
  elo
Olivia             : gretta, dentha aku tu sudah baik banget ma kalian, kenapa sih kalian jahat
banget sama aku. Padahal aku itu udah nurut  sama kalian, udah ngebantu kalian, tapi kenapa sih saat ini  aku ada masalah, kalian malah nggak ngebantu aku.
Gretta             : heh... gua tu nggak sudi temenan ma elo. Ayo denta kita capcus, tinggalin
  anak kumel ini.
Denta              : yuppss....!!!

Olivia merasa sakit hati dengan apa yang dilakukan  oleh dentha dan gretta, suatu hari gretta merasa pusing, dia sudah beberapa hari ini tidak enak badan dan pusing yang amat sangat di kepala. Gretta memutuskan untuk memeriksakan sakitnya ini kepada dokter dinda.
Gretta              : saya sakit apa dok?
Dr. Dinda        : maaf, maaf sekali gretta, ini merupakan kabar yang amat sangat...
Buruk bagi kamu, kamu terkena kanker otak gretta dan maaf usiamu tinggal 3 bulan, bahkan kamu sudah stadium 3 dan sudah tidak bisa disembuhkan lagi
Gretta              : (sambil menangis) apa? Apa dok? Kanker.. ya tuhan....
Dr. Dinda        : maaf sekali gretta, mungkin kabar ini sangatlah buruk, gretta, Dokter
sarankan kamu jadilah anak yang baik, mulailah hidup yang baik lagi, Insyaallah gretta ketenangan jiwa akan membuat kamu menjadi lebih berarti
Gretta              : (menangis) iya dok, terima kasih (memeluk dokter dinda)

Gretta memberitahu kepada sahabatnya desta dan dentha, bahwa ia terkena kanker dan usianya tidak lama lagi
Gretta             : (menangis) teman, maafin aku ya, kalau aku sudah punya salah ke kalian,
usiaku udah tidak lama lagi, aku mohon desta, dentha mulai sekarang kita jadi anak baik ya?? Kita minta maaf sama teman – teman yang sudah kita sakiti, udahlah desta, denta jangan menangis buat aku, please kabulin permintaanku
Desta dan gretta : iya gretta, aku akan ngabulin permohonan kamu (sambil berpelukan)

Akhirnya gretta mengumpulkan olivia, siska dan tita
Siska                : ada apa gretta? Kenapa kamu ngumpulin kita?
Olivia             ; kamu mau nyakitin dan ngolok-ngolok lagi?
Gretta             ; nggak kok olivia, maksud aku ngumpulin kalian ke sini aku mau minta maaf
sama kalian semua, usiaku udah nggak lama lagi, tinggal 3 bulan lagi, mulai sekarang ini aku ingin jadi anak yang baik –baik, maafin aku ya teman (sambil menangis)
Denta & desta             : maafin aku juga ya? Kami semua janji tidak akan menyakiti kalian lagi,
mulai sekarang kita sahabatan lagi dan sekarang udah nggak ada genk – genk lagi
Siska, tita, olivia : iya, kami maafin kalian kok
Dentha, gretta, desta ; thanks ya (berpelukan)

Ahirnya mulai hari itu gretta, dentha dan desta menjadi anak yang baik dan rajin beribadah. Hingga pada saatnya gretta pergi meninggalkan mereka semua..

END

           

0 komentar:

Silahkan Beri Komentar

Template by : kendhin x-template.blogspot.com