Alfa Computer : Jl Raya Watudandang Prambon Nganjuk (1/3an SMPN 1 Prambon)

Sabtu, 20 Juni 2009

Legenda Loro Jonggrang

Setelah persiapan sudah dirasa cukup, maka berangkatlah prabu book dan prajurit menuju ke kerajaan pengging untuk memberontak. Maka terjadilah perang di kerajaan pengging antara para prajurit pengging dan para prajurit kraton book.
Banyak berjatuhan korban di kedua belah pihak dan rakyat pengging menjadi menderita karena perang, banyak rakyat yang kelaparan dan kemiskinan.
Mengetahui rakyatnya menderita dan sudah banyak korban prajurit yang meninggal, maka prabu dammar moyo mengutus anaknya Bandung Bondowoso maju perang melawan prabu Boko dan terjadilah perang yang sangat sengit antara Raden Bandung Bondowoso melawan Prabu Boko, karena kesaktian Raden Bandung Bondowoso maka Prabu Boko dapat dibinasakan.
Melihat rajanya tewas, maka patih Gupolo melaporkan ke pada putrid Loro Jonggrang bahwa ayahandanya telah tewas di medan perang, dibunuh ksatria pengging yang bernama Raden Bandung Bondowoso. Maka menangislah putrid Loro Jonggrang, sedih ayahnya telah tewas di medan perang.
Maka, sampailah Raden Bandung di kraton boko. Dan terkejutlah Raden Bandung Bondowoso melihat putrid Loro Jonggrang yang cantik jelita. Maka ia ingin mempersunting Putri Loro Jonggrang sebagai istrinya.
Akan tetapi putrid Loro Jonggrang tidak mau dipersunting oleh Raden Bandung Bondowoso disebabkan ia telah membunuh ayahnya. Maka untuk menolak pinangan Raden Bandung Bondowoso maka putrid Loro Jonggrang mempunyai siasat yaitu Putri Loro Jonggrang mau dipersunting Raden Bandung asalkan Raden bandung mau dua permintaan Putri Loro Jonggrang yaitu Pertama, Putri Loro Jonggrang ingin dibuatkan 1000 candi dalam satu malam.
Dan Raden Bandung menyanggupi dua permintaan Putri Loro Jonggrang. Dan segeralah Raden Bandung membuat sumur jala tunda dan setelah jadi ia memanggil Putri Loro Jonggrang untuk melihat sumur.
Kemudian Putri Loro Jonggrang menyuruh raden bandung masuk ke dalam sumur. Dan setelah raden Bandung sampai di bawah, Putri Loro Jonggrang memerintah patih gupolo menimbun sumur dengan batu. Dan Raden Bandung Bondowosopun tertimbun batu dalam sumur. Kemudian Putri Loro Jonggrang dan patih Gupolo menggangap bahwa raden bandung bondowoso telah mati di dalam sumur, akan tetapi di dalam sumur ternyata Raden Bandung belum belum mati, akan tetapi di dalam sumur ternyata Raden Bandung bersemedi untuk keluar dari sumur, ternyata Raden Bandung keluar dari sumur dengan selamat.
Raden Bandung Bondowoso menemui Putri Loro Jonggrang dengan marah sekali yang telah menimbun Badung di dalam sumur, tetapi karena kecantikan Putri Loro Jonggrang kemarahan raden Bandung bias reda
Kemudian Putri Loro Jonggrang menagih janji permintaan yang kedua kepada Raden Bnadung Bondowoso untuk membuah 1000 candi dalam satu malam. Maka segeralah raden Bandung memerintahkan para Jin-jin untuk membuat candi, akan tetapi di lain fihak Putri Loro Jonggrang ingin menggagalkan usaha bandung membuat candi. Ia memerintahkan para gadis di sekitar prambanan untuk menumbuk padi dan membakar jerami supaya kelihatan terang untuk pertanda pagi sudah tiba dan ayampun berkokok bergantian.
Mendengar ayam berkokok dan orang menumbuk padi serta di timur kelihatan terang maka para jin berhenti membuat candi. Jin melaporkan pada Raden Bandung Bondowoso bahwa jin tidak bias meneruskan membuat candi yang kurang satu karena pagi sudah tiba.
Akan tetapi menurut firasat raden bandung, belum tiba. Maka dipanggilah Putri Loro Jonggrang disuruh menghitung candid an ternyata jumlahnya baru 999 candi, jadi yang belum jadi tinggal satu buah lagi.
Maka Putri Loro Jonggrang tidak mau dipersunting Raden Bandung. Karena merasa ditipu dan dipermainkan, maka Raden Bandung murka sekali dan mengutuk Putri Loro Jonggrang “Hai Loro Jonggrang candi kurang satu dan genapnya seribu engkaulah orangnya”. Maka aneh bin ajaib Putri Loro Jonggrang berubah wujud menjadi arca patung batu.
Dan sampai sekarang arca patung Loro Jongrang masih ada di candi prambanan dan Raden Bandung Bondowoso mengutuk para gadis disekitar prambanan menjadi perawan kasep (perawan Tua), karena telah membantu Putri Loro Jonggrang.
Dan menurut kepercayaan orang dahulu bahwa pacaran dicandi prambanan akan putus cintanya.

0 komentar:

Silahkan Beri Komentar

Template by : kendhin x-template.blogspot.com