Alfa Computer : Jl Raya Watudandang Prambon Nganjuk (1/3an SMPN 1 Prambon)

Jumat, 15 Juni 2012

‘’OBAT-OBATAN’’


 

                
                 Tanaman yang ada,terutama yang tumbuh di Indonesia di kenal sebagai bahan yang ampuh untuk obat dan di gunakan sebagai bahan baku industri obat di Indonesia,selain itu juga sebagai obat obatan tradisional.Sebenarnya tanaman yang berguna sebagai obat dapat di temui sehari-hari.
                  
                
                 Tanaman seperti kunyit,jahe,jeruk pecel dapat di tanam di pekarangan rumah dan berguna sebagai pengusir segala penyakit ringan sehari hari seperti masuk angina dan panas dalam.Tak hanya itu saja,beberapa tanaman yang ada di Indonesia jugaterbukti ampuh dan di percaya untuk mengobati penyakiy yag lebih  berat,misalnya AIDS,kanker.
                 
                 
                 Tanaman obat dapat di konsumsi dengan cara di olah terlebih dahulu.Misalnya di rebus, di campur dengan air atau bahan bahan lainnya. Tanaman yang lain juga ada yang di olah di pabrik atau di industri rumah tangga.
                 
               
                Walaupun telah banyak tanaman obat yang di produksi secara modern,masyarakat yang mengkonsumsi harus tetap cermat dalam memilih produk tanaman obat. Cek kadaluarsa dan produk apakah masih dalam keadaan baik atau telah rusak. Alangkah lebih baik jika memilih produk yang kemasannya lebih baik dan tersegel dengan baik.
                                   
               
                   Berikut adalah tanaman obat yang banyak di kenal oleh masyarakat dan yang sering di olah manjadi  produk yang baik untuk kesehatan tubuh atau mengobati penyakit:


*KINA: kina adalah satu satunya obat yang ampuh untuk mengobati malaria.
Pohon kina merupakan pohon pardu yang berkayu dan warnanya selalu                    hijau dengan kulit kayu yang tebal.Kina berkembang biak dengan cara berbunga dengan bakal buah di dalam bunga.Obat kina di produksi dari kulit pohonnya.


*JAHE: jahe adalah tanaman berakar rimpang dan bahan berkhasiat pada tanaman ini terletak pada akarnya.Jahe popular sebagai tanaman yang bias menghangatkan tubuh,sari jahe di percaya juga dapat mengembalikan kesegaran tubuh.


*TEMULAWAK: Merupakan tanaman obat yang merupakan tumbuha asli Indonesia dan memiliki khasiat yang lengkap.Temulawak biasanya di sebut curcuma biasanya di berikan kepada aak anak untuk menambah nafsu makan .Temulawak juga dapat menghilangkan flek flek hitam pada wajah an kandungan pada minyak atsirinya dapat mambersihkan isi perut  serta memperlancar ASI pada wanita yang menyusui. Penelitian lebih lanjut mengemukakan bahwa temulawak sangat ampuh untuk mengobati penyakit hati atau penyakit liver danmenurunkan kolesterol dalam darah . karena  dalam temulawak  terdapat kandungan kurkumin yang dapat  menyehatkan hati.
Temulawak hanya di ambil sari airnya.

*KAYU PUTIH: Kayu putih  sangat di kenal di indoesia yang berfungsi untuk menghangatkan badan. Kayu putih juga termasuk tanaman industri dan pmrosesannya  adalah dengan sara menyuling minyak yang di hasilkan dari daunnya.


*KENCUR: Tanaman ini merupakan bumbu masak yang popular di kalangan masyarakat Indonesia. Kencur di pakai hamper di seluruh masakan Indonesia. Sebagai tanaman obat, kencur sangat bermanfaat  untuk mengobati batuk, menghilangkan nafas tidak sedap. Menghilangkan kembung dan mual masuk angina serta manfaat manfaat lainnya. Selain di seduh sarinya setelah di peras ,kencur juga dapat di makan mentah mentah.

*KUNIR: Kunir merupakan satu kelompok tanaman yang sama dengan jahe dan kencur, yaitu tanaman berakar rimpang. Kunir mudah di kenali karena warnanya yng kuning. Selain menjadi bumbu masak utama untuk berbagai makanan Indonesia, kunir juga bermanfaat untuk mencegah sariawan, panas dalam, serta baik  untuk wanita hamil dan menyusui.
Cara sederhana untuk menkonsumsi kunir adalah dengan cara memarut kunir dan memeras sari parutannya lalu merebusnya dengan air panas.

*MAHKOTA DEWA: Tanaman ini meupakan tanaman yang sangat terkenal yang memiliki banyak manfaat  untuk kesehatan.  Tanaman mahkota dewa ini berasal dari Papua  dan memiliki berbagai zat aktif, seperti alkaloid, saponin, flavonoid, dan polijvenol. Beberapa manfaat tanaman ini untuk kesehatan adalah sebagai zat ampuh untuk detoksifikasi menghilangkan racun racun dalam tubuh, sumber anti bakteri dan virus, dapat mrningkatkan system kekebalan tubuh, meningkatkan vitalitas, mengurangi kadar gula dalam darah, mengurangi penggumpulan darah, melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh, mengurangi kandungan kolesterol dan resiko penyakit jantung koroner, mengandung antiinlamasi, sebagai anti oksidan dan dapat mengurangi sakit pada pendarahan.
Tumbuhan  ini tidak besar namun dapat tumbuh hingga sepanjang 3 meter. Buahnya berwarna merah dan tumbuh dari batang hingga ranting.

*MENGKUDU: Mengkudu adalah tanaman tradisional yang banyak tumbuh di mana mana  dari dataran rendah sampai datarn tinggi.
Buahnya hijau dengan  bentuk yang lonjong dan bertotol totol dengan biji yang banyak dan kecil dalam buah daging buahnya.
Mengkudu banyak berkembang biak sacara liar  namun banyak juga yang memelihara tanaman ini di halaman rumah.
Mengkudu juga di kenal dengan nama pace yang brmanfaat sebagai salah satu obat untuk mengurangi hipertensi, sakit kuning , demam, flu. Batuk dan sakit perut. Tanaman ini juga bermanfaat untuk kecantikan yaitu menghilangkan sisik pada kaki.
Pada dasarnya buah mengkudu yang masak berbau tidak sedap, namun justru buah itulah yang mengandung banyak zat penting seperti morinda diol, morindone, damnachantal, metal asetil, asam kapril dan sorandiyiol yang sangat bermanfaat untuk kesehatan.  

*BLUSTRU: Bagian dari semua tanaman ini dapat di manfaatkan semua, misalnya:
-buahnya di gunakan untuk mengobati demam, batuk sesak, keputihan, haid tidak teratur, air susu ibu(ASI) yang tidak lancar, sukar buang air besar, pendarahan sepaerti air seni berdarah, mimisan da bisul.
-bijinya di gunakan untuk mengatasi muka,tangan dan kaki yang bengkak (edema), batu saluran kencing, cacingan, sakit pinggang dan wasir.

-daunya di gunakan untuk mengobati sesak napas, tidak dating haid, radang testis, luka baka, bisul, kurap, dan di gigit ular.
-kulit buah dari tanaman ini di gunakan untuk mengatasi bisul, abses daerah rectum (ujung usus besar) dan luka.
-Bunganya di gunakan untuk mengatasi batuk di sertai sesak, sakit tenggorokan sinusitis dan wasir.
-sabutnya di gunakan untuk mengatasi sakit dada, sakit perut, sakit pinggang, rematik sendi, pegal linu, batuk berdahak, tidak dating haid, payudara bengkak, radang buah zakar.
-arang dari sabutnya di gunakan untuk menghentikan pendarahan, seperti pendarahan di luar haid, air seni berdarah dan berak berdarah.

                Itulah sebagian dari macam macam jenis tanaman dan manfaat  tanaman obat obatan yang tersebar di Indonesia dan masih banyak lagi jenis jenis tanaman lainnya yang belum di bahas lagi.





 


              

0 komentar:

Silahkan Beri Komentar

Template by : kendhin x-template.blogspot.com