BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pernahkan
anda mendengar kata Gadget, Sangat sering sekali kita mendengar kata itu akhir
akhir ini. Pernah kah anda berpikir mengapa benda seperti itu sangat diminati
oleh banyak orang saat ini?? Jawabannya karena seiring dengan kemajuan dunia
teknologi saat ini yang berkembang sangat pesat, bahkan mungkin saat kita
sedang tidur pun dunia teknologi terus menerus melakukan pengembangannya untuk
memenuhi kebutuhan manusia akan teknologi yang modern dan praktis. Dan mungkin
beberapa benda yg disebut dengan gadget ini ada ditangan kita seperti
BlackBerry, Apple, Android. Ketiga merek tsb sangat banyak dipasar indonesia,
sehingga kita dapat mengikuti perkembangan tecnologi yang semakin tahun semakin
berkembang sangat pesat sekali..
Dengan demikian, sebetulnya gadget itu bisa dikatakan bisa
menjadi peningkat nilai manusia atau bahkan bisa meragukan, bahkan mematikan
manusia. Para penggunga gadget sebaiknya memang bisa menyadari akibat-akibat
tersebut dan tentunya jika tepat guna pasti dakan tepat sasaran. Gadget bisa
memanusiakan manusia juga bisa mendegradasi manusia dari yang semestinya.
Karena gadget ibarat pisau, tergantung siapa pemegangnya. Maka tetap
bersikapcerdaslah dalam menggunakan gadget agar hidup dengan gadget lebih baik
daripada hidup tanpanya
B. RUMUSAN MASALAH
1.
Apa
yang dimaksud Gadget itu?
2.
Bagaimanakah perkembangan Gadget?
3.
Bagaimanakag Sejarah gadget?
4.
Aplikasi apa saja yang ada dalam gadget?
5.
Apa Saja Manfaat dari gadget dalam Kehidupan?
C. TUJUAN
PENULISAN
1.
Untuk mengetahui apa yang dimaksud Gadget itu?
2.
Untuk mengetahui perkembangan Gadget?
3.
Untuk memahami Sejarah gadget?
4.
Mengetahui Aplikasi apa saja yang ada dalam
gadget?
5.
Agar kita tahu Manfaat dari gadget dalam
Kehidupan?
BAB II
PEMBAHASAN
A. PERKEMBANGAN
GADGET
Ada masyarakat yang terpengaruh
dengan perkembangan gadget ini dan ada yang tidak. Bagi yang tidak terpengaruh,
mereka santai saja menjalani kehidupan seperti biasa dengan gadget seadanya dan
tidak terlalu "ngoyo" untuk mendapatkan gadget terbaru dengan segala
pemikiran. Bagi yang terpengaruh, mereka selalu mengikuti perkembangan gadget.
Mereka berlomba-lomba membeli gadget terbaru dengan berbagai cara. Mereka
"ngoyo" memiliki gadget demi sebuah gengsi. Padahal belum tentu
mereka yang mengikuti trend gadget dapat menggunakannya dengan maksmal. Bisa
disebut dengan "yang penting punya dan paling bagus diantara yang
lain"
Seperti yang kita ketahui, perkembangan gadget pada masa
sekarang cukup pesat. Mulai dari alat untuk mendengarkan lagu, mengambil foto,
komunikasi, sampai komputer.
Contoh gadget untuk mendengarkan lagu :
- radio tape
- walkman
- MP4
- Ipod
Contoh gadget untuk mengambil foto :
- kamera manual
- kamera digital
- kamera SLR
- kamera DSLR
Contoh untuk komunikasi :
- Symbian
- Blackberry
- Android
Contoh dalam hal komputer :
- Windows XP
- Windows Vista
- Windows 7
dengan berbagai merk.
Contoh gadget untuk mendengarkan lagu :
- radio tape
- walkman
- MP4
- Ipod
Contoh gadget untuk mengambil foto :
- kamera manual
- kamera digital
- kamera SLR
- kamera DSLR
Contoh untuk komunikasi :
- Symbian
- Blackberry
- Android
Contoh dalam hal komputer :
- Windows XP
- Windows Vista
- Windows 7
dengan berbagai merk.
Gadget memang tidak bisa dilepaskan dari warga urban yang
tinggal di Jakarta. Bisa dipastikan ke mana saja mereka melangkah, selalu
dikelilingi oleh gadget-gadget canggih dan seru. Bayangkan perkembangan
masyarakat urban yang pesat tersebut juga diiringi oleh perkembangan gadget
yang semakin lama semakin seru. Jika dahulu orang memiliki walkman, kemudian
discman, kini sudah tergusur oleh portable audio player yang sangat mini dan
mudah dibawa kemana-mana. Di bawah ini adalah beberapa urban gadget yang tidak
boleh Anda lewatkan.
B. SEJARAH
GADGET
Asal-usul dari “gadget” kata melacak kembali ke abad ke-19.
Menurut Kamus Inggris Oxford , ada bukti anekdotal untuk penggunaan “gadget”
sebagai nama pengganti untuk item teknis yang tepat nama seseorang tidak dapat mengingat
sejak tahun 1850-an, dengan 1886 Spunyarn buku Robert Brown dan Spindrift,
Seorang anak pelaut log keluar dari pelayaran dan rumah di clipper teh Cina
yang mengandung penggunaan paling awal di cetak. Etimologi dari kata tersebut
diperdebatkan. Sebuah cerita beredar luas menyatakan bahwa gadget kata
“diciptakan” ketika Gaget, Gauthier & Cie, perusahaan di balik repousse
pembangunan Patung Liberty (1886), membuat versi kecil dari monumen dan
menamakannya setelah perusahaan mereka , namun ini bertentangan dengan bukti
bahwa kata itu sudah digunakan sebelumnya di kalangan bahari, dan fakta bahwa
hal itu tidak menjadi populer, setidaknya di Amerika Serikat, sampai setelah
Perang Dunia I. Sumber lain mengutip derivasi dari Perancis gâchette yang telah
diterapkan pada berbagai potongan mekanisme menembak, atau gagée Perancis, alat
kecil atau aksesori.
Para Oktober 1918 isu Catatan dan Pertanyaan berisi entri
multi-artikel tentang “gadget” kata (12 S. iv. 187). H. Tapley-Soper dari
Perpustakaan Kota, Exeter, menulis:
Sebuah diskusi muncul pada pertemuan Plymouth dari Asosiasi
Devonshire pada tahun 1916 ketika ia menyarankan bahwa kata ini harus dicatat
dalam daftar provincialisms lisan setempat. Beberapa anggota berbeda pendapat
dari dimasukkannya dengan alasan bahwa itu adalah umum digunakan di seluruh
negeri, dan seorang perwira angkatan laut yang hadir mengatakan bahwa telah
bertahun-tahun menjadi ekspresi populer di layanan untuk alat atau
melaksanakan, nama yang tepat dari yang tidak diketahui atau telah untuk
sementara dilupakan. Saya juga sering mendengarnya diterapkan dengan
menggunakan sepeda motor teman untuk koleksi perlengkapan untuk dilihat pada
sepeda motor. ‘Nya pegangan-bar disiram gadget’ mengacu pada hal-hal seperti
spedometer, cermin, tuas, lencana, maskot, & c, yang melekat pada kemudi.
Menangani. The ‘menyulap’ atau pendek sisanya digunakan dalam biliar juga
sering disebut ‘gadget’, dan nama telah diterapkan oleh platelayers lokal ke
‘mengukur’ digunakan untuk menguji akurasi dari pekerjaan mereka. Bahkan,
meminjam dari masa kini Tentara gaul, ‘gadget’ diaplikasikan untuk ‘hal lama. “
Penggunaan istilah dalam bahasa militer melampaui angkatan
laut. Dalam buku “Di atas Pertempuran” oleh Vivian Drake , yang diterbitkan
pada tahun 1918 oleh D. Appleton & Co, New York dan London, menjadi memoar
seorang pilot dalam British Royal Flying Corps , ada kutipan berikut: “kami
perasaan bosan itu kadang-kadang hilang dengan gadget baru -. “gadget” adalah
Flying Corps slang untuk penemuan Beberapa gadget yang baik, beberapa komik dan
beberapa luar biasa “
Dengan paruh kedua abad kedua puluh, “gadget” istilah telah
diambil pada konotasi dari kekompakan dan mobilitas. Dalam esai 1965 “The Gizmo
Besar” (istilah yang digunakan bergantian dengan “gadget” di seluruh esai),
kritikus arsitektur dan desain Reyner Banham mendefinisikan item tersebut
sebagai:
Kelas karakteristik produk AS – mungkin yang paling
karakteristik – adalah unit mandiri kecil kinerja tinggi dalam kaitannya dengan
ukuran dan biaya, yang berfungsi untuk mengubah beberapa set dibedakan dari
keadaan ke kondisi lebih dekat keinginan manusia. Minimum keterampilan yang
diperlukan dalam instalasi dan penggunaan, dan ini terlepas dari infrastruktur
fisik dan sosial di luar itu oleh yang dapat dipesan dari katalog dan
dikirimkan ke pengguna prospektifnya. Sebuah kelas pegawai dengan kebutuhan
manusia, ini klip-pada perangkat, gadget portabel, memiliki pemikiran Amerika
berwarna dan tindakan jauh lebih dalam.
Penggunaan
lain
Yang
pertama bom atom dijuluki gadget oleh para ilmuwan dari Proyek Manhattan ,
diuji di situs Trinity .
C. APLIKASI
GADGET
Dalam
industri perangkat lunak, “gadget” mengacu pada program komputer yang
menyediakan layanan tanpa perlu sebuah aplikasi independen yang akan
diluncurkan untuk masing-masing, melainkan berjalan di lingkungan yang
mengelola beberapa gadget. Ada beberapa implementasi berdasarkan teknik
pengembangan perangkat lunak yang ada, seperti JavaScript , form input, dan
berbagai format gambar.
Para
pengguna didokumentasikan dari gadget panjang dalam konteks rekayasa perangkat
lunak adalah pada tahun 1985 oleh para pengembang AmigaOS , maka sistem operasi
dari Amiga komputer ( intuition.library dan juga tools.library kemudian Gad).
Ini menunjukkan apa tradisi teknologi lainnya sebut GUI widget -elemen kontrol
antarmuka pengguna grafis . Ini konvensi penamaan tetap dalam melanjutkan
penggunaan sejak saat itu.
Tidak
diketahui apakah perusahaan perangkat lunak lain secara eksplisit menggambar
pada inspirasi bahwa ketika menampilkan kata dalam nama teknologi mereka atau
hanya mengacu pada makna generik. Widget Kata tua dalam konteks ini. Dalam
“film Kembali ke Sekolah “dari tahun 1986 oleh Alan Metter, ada adegan di mana
seorang profesor ekonomi Dr Barbay, ingin memulai untuk tujuan pendidikan
sebuah perusahaan fiktif yang menghasilkan” widget: Ini adalah produk fiktif. “
D. TREND GADGET MOBILE
Sekitar awal tahun 2010 Apple mengeluarkan seri IPAD, dan
hanya butuh waktu kurang dari 3 bulan untuk IPAD langsung menguasai pasar
mobile computing yang selama ini dikuasai oleh Tablet dan UMPC (Ultra Mini PC),
bahkan IPAD turut mempengaruhi pasar Smart Phone.
Padahal sebelum diluncurkan, beberapa pakar IT kelas wahid
ramai-ramai mencibir IPAD sebagai barang “nanggung” dan tidak berguna. Artinya
adalah kurang ringkas untuk skala mobile, dan kurang berguna untuk memenuhi
sasaran kebutuhan computing. Salah satu yang melontarkan pernyataan ini adalah
Bill Gates (CEO dari Microsoft) dan Jim Ballsilie (CEO RIM (Produsen
BlackBerry)). Mereka pada mulanya beranggapan, tidak mungkin IPAD dapat
menggusur pangsa microsoft di bidang Computer dan Blackberry di bidang SmartPhone.
Namun, mereka harus menerima kenyataan bahwa Steve Jobs
seperti “menyihir” dunia dengan memberi trend terbaru bagi perkembangan
teknologi di bidang Computer maupun Mobile Computing. Ini memang terkait dengan
inovasi pada gadgets Ipad dan Iphone itu sendiri, terutama pada tampilan dan
layar sentuhnya yang bekerja sangat baik, serta system layanan online. “Sihir”
Steve Jobs ini memang bukan kali pertama dilakukan, jika kita mengingat sekitar
awal tahun 2000 saat Steve Jobs merubah cara orang menikmati musik dengan
meluncurkan gadget unik bernama “Ipod”, yang langsung menggusur walkman pada
saat itu.
Pada
kesempatan ini saya tidak membahas tentang “sihir” Steve Jobs ini. Namun
dengan cerita ini kita dapat menerima suatu analogi bagaimana suatu inovasi
dapat merubah mindset orang tentang teknologi seperti yang dilakukan Steve
Jobs. Saya akan lebih fokus pada topik umumnya, yakni membahas “Trend
Perkembangan Gadgets Mobile vs Netbook”.
Zaman dahulu orang selalu berpikir bahwa Gadget Mobile
fungsionalitasnya adalah lebih kepada sifat mobilenya dan untuk smartphone
dapat mengerjakan tugas-tugas yang tidak terlalu berat. Sementara Netbok adalah
perkembangan dari Desktop dengan model Komputer Jinjing dengan kapabilitas
kemampuan menyamai kemampuan Desktop terutama untuk mengerjakan tugas yang
sifatnya office.Padangan ini bukannya salah untuk ukuran saat ini, namun
perlahan mulai bergeser. Menurut
situs http://www.techblogx.com/netbook-vs-tablet.html, ada beberapa
perbandingan bagi konsumen untuk memilih notebook/netbook atau gadget
mobile(tablet,smartphone, dll)
1. Gadget
mobile menawarkan trend teknologi terkini, dengan tampilan menarik.
Sementara Notebook/Netbook lebih menawarkan kepada Performa pekerjaan.
2. Gadget
mobile lebih menawarkan kepada keringkasan dan mobility. Beberapa gadget
seperti Ipad mungkin dapat menyamai performa dari Notebook ataupun Netbook
untuk memenuhi kebutuhan komputer. Mungkin resolusi layar, kemampuan processor,
memory, dan kapasitas penyimpanan hardisk. Namun dengan User Interface
yang dimiliki gadgets mobile, tak akan senyaman dengan User Interface
tradisional milik Notebook ataupun Netbook, seperti keyboard.
3.
Netbook/Notebook memberikan semua kelengkapan komputerisasi sampai pada Optical
Drive. Sedang Gadget tidak mungkin selengkap itu. Contoh lain adalah port USB
plugin play, yang hanya dimiliki gadgets seperti IPAD dengan harga yang mahal.
4. Gadgets
dan notebook/netbook sama-sama dapat memenuhi kebutuhan mobile seperti
telephon, sama-sama mendukung teknologi video calling dengan camera. Namun
penggunaan tujuan mobile pada notebook/netbook tidak akan senyaman pada mobile
gadgets.
5. Harga
untuk notebook/netbook lebih terjangkau daripada gadgets mobile.
Inovasi
Gadgets vs Kemampuan Netbook
Jika kita menilik pada cerita Steve Jobs tadi, dan ramainya
produk Android pada saat ini mungkin sudah cukup menggambarkan kepada kita akan
inovasi gadgets yang sudah membanjiri pasar smartphone dan mobile computing.
Namun kita juga tidak akan melupakan perkembangan hardware untuk Netbook yang
saat uni kemampuannya sudah menyamai Desktop. Jika saya harus memilih dengan
standar keuangan mahasiswa, jelas saya lebih memilih notebook atau netbook demi
kelancaran studi saya. Namun bukan berarti saya tidak membutuhkan gadgets,
minimal untuk kebutuhan komunikasi. Untuk membandingkannya kita akan melihat
angka pada realnya.
Jika kita merujuk pada data statistik yang ada pada trend perkembangan Ipad vs Netbook, didapat yang kami dapat dari situs Morgan Stanley Research menyebutkan bahwa Netbook sangat berjaya pada Juli 2009, dimana pertumbuhan Notebook sangat meyakinkan yakni 649% dari bulan sebelumnya. Kemudian semakin hari bertambah hari popularitasnya semakin turun. Beberapa faktor diantaranya Netbook sudah bukan lagi barang yang menarik, dibandingkan smartphone ataupun tablet. Selain itu juga dipengaruhi oleh merosotnya harga notebook, yang membuat konsumen lebih condong ke notebook yang mempunyai kemampuan lebih daripada netbook. Puncaknya adalah pada awal peluncuran Ipad yaitu pada April 2010, dimana pertumbuhan Netbook menjadi minus 13%. Padahal Maret 2010, Netbook masih sempat mengalami pertumbuhan sekitar 25%. Lalu bagaimana kabar netbook untuk saat ini?
E. Populasi
Internet Pengguna Mobile Gadgets
Dari grafik diatas terlihat bahwa berbagai platform mobile dari Ipad sampai Black Berry terus membayangi Platform Desktop, Notebook dan Netbook seperti Windows, Mac dan Linux. Dari sini dapat kita simpulkan bahwa fungsi gadgets sebagai alat untuk mencari informasi di Internet tidak kalah dibanding platform workstation.
Data yang
kami dapat dari Tech Crunch bahwa dalam periode 3 bulan sejak April 2010, yakni
antara pertengahan Juli hingga Agustus 2010 bahwa Browsing Share (tingkat
konsumsi trafic internet) untuk platform mobile terus naik dan menggerogoti
konsumsi internet Desktop/Laptop. Bahkan platform Windows sampai turun 3.5%
dalam kurun 3 bulan tersebut. Sedang Ipad justru melonjak 3.4%.Perlahan tapi
pasti trafic pengguna mobile ini terus naik.
“The Rise
of Mobile Cloud Computing”
“By 2012,
mobile devices will be the primary way in which we access the Internet. The
only technologies capable of fully leveraging the rapid innovation taking place
in mobile computing are cloud computing services. Your data on any device, in
any location, at any time can only be realized with modern cloud computing
services.” (Tierney)
Saya tertarik dengan Pernyataan John Tierney dalam Papernya Grand Design of Cloud Computing 2012, yang menyatakan bahwa sudah saatnya mobile devices sebagai alat utama untuk internet. Juga disebutkan bahwa Cloud Computing sudah dapat mengakomodasi piranti mobile. Dengan modern “Cloud Computing” kita dapat mengakses data dengan devices apapun, dimana pun dan kapanpun. System semacam ini memang memacu pemasaran mobile devices ke depan.
Saya tertarik dengan Pernyataan John Tierney dalam Papernya Grand Design of Cloud Computing 2012, yang menyatakan bahwa sudah saatnya mobile devices sebagai alat utama untuk internet. Juga disebutkan bahwa Cloud Computing sudah dapat mengakomodasi piranti mobile. Dengan modern “Cloud Computing” kita dapat mengakses data dengan devices apapun, dimana pun dan kapanpun. System semacam ini memang memacu pemasaran mobile devices ke depan.
Pandangan
Saya tentang Trend Mobile Gadgets vs Workstation
(Notebook,Netbook,
Desktop)
PerkembanganPerangkat Mobile semakin besar dari tahun ke
tahun. Namun saya percaya bahwa Jenis Workstation seperti Notebook, Netbook dan
Desktop juga tidak akan dapat ditinggalkan manusia. Seperti uraian saya tadi,
bahwa Perangkat Mobile yang ringkas ini, pasti akan punya keterbatasan sampai
kapanpun. Walau kali ini tidak berbicara dengan data, saya yakin bahwa Populasi
Mobile vs Workstation pasti akan mencapai titik kesetimbangan. Mungkin saat ini
Mobile baru mengalami fase threshold sampai saat dimana perkembangannya tidak
cepat lagi.
Teknologi
Mobile Cloud Computing juga tidak bisa sempurna menjawab kebutuhan
komputasi. Bagaimana dengan Daerah yang tidak ada infrastruktur dan SDM nya?
Lalu bagaimana jika terjadi kemacetan trafic? Seperti kertas yang tidak bisa
efektif digantikan oleh “paperless system”. Manusia tidak akan bisa
meninggalkan sisi tradisionalnya. Oleh karena itu baik Piranti Mobile dan
Workstation sama-sama masih dibutuhkan
F. KEGUNAAN DARI GADGET :
1.
Audio Gadget, adalah gadget yang membantu Anda mendengarkan musik favorit Anda
di manapun, bentuknya sangat kecil, ringan dan merupakan perangkat cerdas yang
dapat memutar semua jenis musik dalam semua format, mp3, wav, wma, dll. Audio
gadget bisa berbentuk mp3 player dengan beberapa jenis memori flash dengan
aneka kapasitas, ada 256 Mb, 512 Mb, 1Gb, 2 Gb, bahkan mungkin bisa mencapai 20
GB, sesuai dengan kebutuhan Anda. Bentuk MP3 player lainnya bisa berupa kaca
mata , sangat praktis bagi orang-orang yang mempunyai gaya hidup yang aktif.
Gadget ini juga mungkin dapat disertakan pada jam tangan, pena dan kamera
digital.
2. Ipods, merupakan gadget yang sempurna untuk keperluan pribadi, mereka sangat cocok kalau disandingkan dengan musik dan fungsi perekaman, gadget itu juga memiliki opsi lain seperti radio FM, pembaca E-book (semacam ebook reader), perekaman suara. Ipods memiliki. Alat ini pun dapat memutar semua jenis musik, dalam beberapa model, mereka dapat memainkan video dan menampilkan gambar.
3. Gadget video, dengan gadget ini Anda dapat menonton video favorit anda dan menampilkan / berbagi foto pribadi Anda. MP4 player adalah salah satu gadget yang memungkinkan anda untuk menonton film , klip video, rekaman pribadi dan bahkan bisa digunakan untuk bermain game. Gadget ini selain harus dapat mendukung semua fungsi video dan file foto, juga harus memiliki layar resolusi tinggi untuk menampilkan gambar yang bagus.
2. Ipods, merupakan gadget yang sempurna untuk keperluan pribadi, mereka sangat cocok kalau disandingkan dengan musik dan fungsi perekaman, gadget itu juga memiliki opsi lain seperti radio FM, pembaca E-book (semacam ebook reader), perekaman suara. Ipods memiliki. Alat ini pun dapat memutar semua jenis musik, dalam beberapa model, mereka dapat memainkan video dan menampilkan gambar.
3. Gadget video, dengan gadget ini Anda dapat menonton video favorit anda dan menampilkan / berbagi foto pribadi Anda. MP4 player adalah salah satu gadget yang memungkinkan anda untuk menonton film , klip video, rekaman pribadi dan bahkan bisa digunakan untuk bermain game. Gadget ini selain harus dapat mendukung semua fungsi video dan file foto, juga harus memiliki layar resolusi tinggi untuk menampilkan gambar yang bagus.
4.
Gadget kamera, seperti kamera wireless internet, kamera pengintai, kamera
berbentuk kacamata hitam, dll. Dengan beberapa model kamera internet nirkabel,
anda dapat mengakses kamera dari mana saja, kapan saja dengan menggunakan IP
Adress .
Demikianlah sekilas pengertian gadget pada postingan saya kali ini. Semoga bagi yang belum mengetahuinya, bisa menambah wawasan.
Demikianlah sekilas pengertian gadget pada postingan saya kali ini. Semoga bagi yang belum mengetahuinya, bisa menambah wawasan.
G. Artikel tentang Gadget
Gadget Itu Ibarat Pisau Bermata Dua
Ambil contoh saja saat ini, paling tidak orang sudah memiliki
handphone walaupun denga fitur yang amat sederhana. Mereka pemakai pemula atau
orang-orang yang masih merasa gagap tehnologi akan memilih jenis gadget yang
sederhana pula dan harganya terjangkau.
Pertimbangan pemilihan jenis gadget akan didasarkan pada
tingkat kebutuhan masing-masing pribadi. Seorang pengusaha besar yang bidang
usahanya sudah menjangkau di mana-mana akan lebih perlu. Mereka dengan tingkat
penggunaan yang amat sering, juga perlu media untuk mengirimkan data dapat
dipastikan akan dituntut menggunakan jenis gadget yang bisa diajak kerjasama
dan dapat memenuhi tuntutan perkerjaannya.
Tidak hanya pada golongan tersebut, gadget dengan tingkatan
amat sederhana pun sudah bisa membantu kinerja para petani di kampung-kampung.
Kini mereka ke sawah juga telah dilengkapi gadget. Benda ini menjadi barang
istimewa yang sangat membantu tugas dan pekerjaannya. Ambil contoh saja,
seorang petani yang memiliki tugas yang harus diselesaikan dalam waktu cepat,
dapat mengundang tukang atau teman-temannya dengan memanfaatkan tehnologi itu.
Seorang abang becak juga sering terlihat bermain gadget sembari menunggu
penumpangnya atau menunggu panggilan pelanggannnya.
Anak-anak sekolah kini banyak dilengkapi gadget oleh orang
tuanya dari yang sederhana, hanya sekedar telepon dan SMS, hingga kadang-kadang
dari sisi performa, gurunya pun kalah dari siswanya. Mereka begitu
tergantungnya, hingga gadget itu akan selalu setia menemaninya. Dan masih
banyak lagi manfaat gadget ini bagi para penggunanya. Karena dengan
alat itu, semua informasi dapat dengan segera dan cepat disampaikan dan
diterima.
Namun demikian, berbeda dengan beberapa gambaran di atas,
sebaliknya banyak kasus yang terjadi dari kasus ringan hingga kasus yang
megaberat yang cenderung bersifat negatif. Kasus ringan misalnya, dengan
memegang gadget kita sering menjadi makanan empuk, ditipu oleh pihak-pihak
tertentu yang ingin meraup keuntungan sebesar-besarnya.
Selain itu, dalam dunia pendidikan gadget ini dapat pula
mengancam keselamatan siswa dan mereduksi kejujuran. Kejadian contek
masal pada ujian nasional (UN) yang kunci jawabannya beredar melalui SMS alat
ini juga telah mengotori dunia pendidikan. Belum lagi sering beredarnya
foto-foto atau video-video yang tidak layak untuk dikonsumsi oleh anak-anak.
Lebih parah lagi, kasus-kasus pembuatan video porno yang dilakukan oleh
beberapa oknum siswa dengan menggunakan alat tersebut.
Keharmonisan rumah tangga sering juga menjadi korban
kepemilikan gadget ini. Walaupun tidak sedikit orang-orang yang bersatu karena
gadget, tetapi juga tidak sedikit orang-orang yang berantakan rumahtangganya
entah itu perselingkuhan bahkan hingga perceraian yang disebabkan oleh
ketidaktepatan penggunaan gadget.
Kita memang
tidak bisa menyalahkan sepenuhnya bahwa itu faktor dari gadget. Sebenarnya
semua kejadian yang sering melibatkan “kejahatan” gadget itu lenih kepada
faktor manusianya yang sering mengabaikan kepantasan dan ketepatan pemakaian.
Para pengendara mobil atau sepeda motor yang mengirimkan
pesan atau menelpon ketika mengendarai kendaraan adalah contoh dari
ketidaktepatan pemakaian gadget itu. Mereka tidak memikirkan resiko yang berat
dari tindakan yang dilakukannya. Karena bahaya yang diakibatkan oleh
keteledoran pemakaian gadget tidak saja mengena pada dirnya sendiri tetapi juga
orang lain.
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Jaman
sekarang adalah jamannya tehnologi. Perkembangan tehnologi sudah sangat cepat
hingga bentuk dari gadget itu juga mengalami perkembangan yang signifikan. Dulu
ketika belum mengenal handphone dengan fitur yang paling sederhana pun telah
dapat mengubah gaya hidup si empunya. Kala itu, mungkin saja yang bisa memiliki
gadget ini belum banyak. Jumlahnya hanya sedikit, sehingga kesan gaya-gayaan
sangat kentara.
Pengaruh
tehnologi sendiri terus mengalami perluasan. Pengaruhnya tidak hanya tingkat
perkembangannya yang luar biasa, tetapi dari minat masyarakat penikmat gadget
itu sangat cepat, sehingga model gadget terus bertambah dengan fitur-fitur
lebih lengkap dan memanjakan. Lihat saja hampir setiap orang di dunia ini
sudah memiliki gadget, meskipun jenis dan harganya yang bervariasi tergantung
kebutuhan dan tuntutan gaya hidupnya
Saran
Jaman
sekarang adalah jamannya tehnologi. Perkembangan tehnologi sudah sangat cepat
hingga bentuk dari gadget itu juga mengalami perkembangan yang signifikan. Dulu
ketika belum mengenal handphone dengan fitur yang paling sederhana pun telah
dapat mengubah gaya hidup si empunya. Kala itu, mungkin saja yang bisa memiliki
gadget ini belum banyak. Jumlahnya hanya sedikit, sehingga kesan gaya-gayaan
sangat kentara.
Pengaruh tehnologi sendiri terus mengalami perluasan.
Pengaruhnya tidak hanya tingkat perkembangannya yang luar biasa, tetapi dari
minat masyarakat penikmat gadget itu sangat cepat, sehingga model gadget terus
bertambah dengan fitur-fitur lebih lengkap dan memanjakan. Lihat saja
hampir setiap orang di dunia ini sudah memiliki gadget, meskipun jenis dan
harganya yang bervariasi tergantung kebutuhan dan tuntutan gaya hidupnya.
Disisi lain gadget ini juga sesuatu yang amat mengkawatirkan
bagi penggunanya. Gadget dengan segala variannya bisa berubah menjadi sesuatu
yang mematikan, mengancam, dan meruginakn manusia. Entah disebabkan faktor
keteledoran pemakainya atau kekurangtepatan dalam memanfaatkan tehnologi ini.
Dalam melakukan peran ini, gadget tidak pandang bulu, siapa yang akan menjadi
sasarannya.
0 komentar:
Posting Komentar