Alfa Computer : Jl Raya Watudandang Prambon Nganjuk (1/3an SMPN 1 Prambon)

Jumat, 15 Juni 2012

APAKAH BAIK MENGKONSUMSI MAKANAN KALENG?


APAKAH BAIK MENGKONSUMSI MAKANAN KALENG?
Di zaman yang semakin modern kita dituntut untuk bisa beradaptasi. Salah satnya soal memenuhi kebutuhan kita. Di era globalisasi waktu seakan-akan menjadi lebih pendek. Apalagi bagi para pekerja kantoran, mereka dituntut untuk melakukan sesuatu serba cepat. Dengan tuntutan yang seperti itu, membuat mereka harus mempersingkat waktu dan mempercepat dalam menyelesaikan tugas mereka, hal ini membuat para mesyarakat zaman sekarang memilih sesuatu yang lebih instan dan cepat, karena sesuatu yang instan tidak akan memerlukan banyak waktu. Sehingga soal makanan pun sebagian orang lebih memilih makanan yang siap saji dan yang lebih efisien.
Salah satu pilihan masyarakat dalam soal urusan makanan adalah dengan mengkonsumsi “makanan kaleng”. Karena cara penyajiannya yang praktis akan lebih cepat dalam pengkonsumsiannya, serta waktu yang dipakai tidak terlalu banyak sehingga waktu mereka tidak terbuang banyak disaat sedang mencari makan. Di zaman yang seperti sekarang ini, “Makanan Kaleng” sangat membantu sekali, apalagi bagi para keluarga yang kegiatan sehari-harinya sibuk terus dikantor dan kerja. Kalau kita makan dengan cara membuat atau memasak makanan sendiri akan memerlukan waktu yang lebih banyak, bagaimana tidak, kalau kita mau membuat makanan sendiri paling tidak kita harus membeli bahan-bahan dulu setelah itu baru bisa mulai memasak dan itu akan lebih banyak memakan waktu. Mari sekarang kita bandingkan lebih efisien mana antara “Makanan Kaleng” dengan memasak sendiri. Suatu hari kita sebagai seorang wanita karier sekaligus seorang ibu harus cepat-cepat pergi ke kantor, karena kalau berangkatnya kesianagan sedikit saja akan terjebak macet. Ini bafi masyarakat perkotaan, disaat itu anak-anaknya lapar dan ingin segera sarapan tapi kalau harus memasak pasti waktu yang diperlukan tidaklah pendek pasti akan memakan banyak waktu. Salah satu contohnya lagi kita tergesa-gesa dan harus cepat-cepat pergi bekerja. Tapi saat ini kita dalam kondisi yang sangat amat lapar. Tidak mungkin juga kita memasak dan tidak mungkin juga kita tidak makan. Kalau bekerja dalam keadaan lapar tidak mungkin kita bisa bekerja secara optimal dalam menyelesaikan pekerjaan kita, sehingga kalau sudah seperti ini yang bisa membantu hanyalah “Makanan Kaleng” yang cepat penyajiannya, praktis dan waktu yang digunakan jauh lebih sedikit  daripada memasak sendiri. Makanan kaleng sangat membantu sekali dalam kehidupan sehari – hari. Bagi  wanita karier yang sudah berkeluarga dan sudah mempunyai anak, dia dituntut untuk mengurus keluarga sekaligus bekerja, urusan masak memasak juga seorang istri yang harus bertanggung jawab, jadi tidak salah juga kalau dia memilih makanan kaleng  untuk di konsumsi bagi keluarganya, karena hanya dengan menyajikan  makanan yang siap saji akan lebih mudah sehingga kewajibannya sebagai seorang istri yang harus mengurusi keluarganya tidak akan terbengkalai meskipun dia adalah  seorang wanita karier.
“Makanan Kaleng” memang cepat dalam penyajiannya akan tetapi banyak juga dampak negatif yang ada dalam makanan kaleng. Makanan yang ada dalam kaleng sangat tertutup rapat dan sangat tidak mungkin bagi  kita untuk mengetahui bagaimana isinya sebelum kita membelinya dan membukanya sendiri. “Makanan Kaleng” sebenarnya kurang baik untuk dikonsumsi bagi tubuh kita, di “Makanan Kaleng” juga banyak mengandung bahan-bahan kimia serta zat-zat yang berbahaya. Mari kita fikir bersama-sama. “Makanan Kaleng” kan berada lama di dalam sebuah kaleng bukan hanya dalam hitungan hari tapi dalam hitungan bulan, apa kita tidak berfikir, makanan biasa yang kita buat dan kita masak sendiri paling tidak dua hari saja sudah tidak layak untuk dikonsumsi, apalagi sampai berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan. Sehingga “Makanan Kaleng” bisa bertahan lama hanya dengan adanya bahan pengawet seperti halnya bahan-bahan kimia yang berbahaya dan pastinya kita tahu bahan pengawet sangatlah tidak baik bagi kesehatan tubuh. Bahan pengawet bisa menimbulkan berbagai macam penyakit yang berbahaya, selain karena bahan pengawet banyak terdapat dimakanan kaleng, sekarang juga sudah marak beredar makanan-makanan yang sudah kadaluarsa, yang tidak kadaluarsa, pastinya akan lebih dan sangat amat membahayakan. “Makanan Kaleng” biasanya dianggap sudah aman untuk dikonsumsi, padahal sebagaian dari makanan kaleng itu sangat berbahaya. Sekarang apabila mengkonsumsi makanan-makanan kaleng yang sudah kadaluarsa pasti kita akan keracunan. Masih bagus kalau kita bisa segera mengetahui kalau keracunan kalau kita tidak mengetahui nyawa juga kita yang terancam. Selain itu “Makanan Kaleng” akan membuat kita jadi ketergantungan, karena dirasa penyajiannya lebih cepat maka kita akan terus-menerus mengkonsumsinya. Sedikit demi sedikit kebutuhan tubuh kita tidak akan terpenuhi. Bagaimana tidak??? Tubuh kita memerlukan makanan-makanan yang bergizi seperti sayur-sayuran. Apakah ada sayur-sayuran dalam “Makanan Kaleng”??? tidak ada bukan??? Inilah yang kurang disadari para masyarakat kebanyakan, mereka mengira dengan mengkonsumsi makanan kaleng yang dianggapnya kaya akan gizi secara terus-menerus akan membuat tubuh lebih sehat, sebenarnyakan tidak. Makanan yang sehat itu adalah makanan yang cukup gizi dan kaya akan vitamin yang sangat dibutuhkan bagi tubuh.
Sekarang saya dapat menyimpulkan, “Makanan Kaleng” memang penyajiannya lebih praktis dan tidak memerlukan waktu banyak, serta sangat membantu bagi para masyarakat yang bekerja terikat oleh waktu, tetapi jangan terus menerus mengkonsumsi “Makanan Kaleng”, harus diimbangi juga dengan makanan-makanan bergizi yang lainnya. Karena tubuh kita memerlukan banyak makanan yang bergizi, selain itu juga harus lebih teliti dalam memilih dan membeli makanan kaleng dan yang terpenting adalah mengecek makanan itu. Apakah makanan itu masih layak dikonsumsi atau tidak. “Makanan Kaleng” sebenarnya tidak buruk juga untuk dikonsumsi, tetapi jangan berlebihan dan harus bisa memilih “Makanan Kaleng” yang masih layak dan tidak kadaluarsa. Karena mengingat banyaknya “Makanan Kaleng” yang mengandung zat-zat kimia. Jadi berhati-hatilah dalam pengkonsumsiannya karena tidak baik bagi kesehatan tubuh.

            WHAT KIND CONSUMES CANNED FOOD?

            In the modern era we are required to be able to adapt. One satnya about meeting our needs. In the era of globalization as if time becomes shorter. Especially for office workers, they demanded to do something fast paced. With demand like that, make them have to shorten the time and speed in completing their tasks, it makes the mesyarakat today to choose something more instant and fast, because something that instant will not require much time. So about food even some people prefer fast food and more efficient.

            One of the affairs of the people's choice in the matter of food is to eat "canned food". Because of the way of practical presentation will be faster for regular consumption, and time spent not so much that they did not waste much time when looking for food. In another age, as now, "Canned Food" is very helpful at all, especially for the families of their daily activities and work busy office. If we eat with how to make or cook your own food will require more time, what does not, if we want to make their own food at least we have to buy the ingredients first and then only can start cooking and it will be more time consuming. Let us now compare the more efficient where the "Canned Food" with his own cooking. One day we as a career woman as well as a mother should quickly go to the office, because if the slightest departure kesianagan be stuck in traffic. This bafi urban society, while her children were hungry and wanted to get breakfast but when I have to cook would not short the time required would be a lot of time. One example again we are in a hurry and had to quickly go to work. But now we are in very very hungry. There's no way we also can not cook and we also do not eat. If working in a state of hunger is not possible we can work optimally in completing our work, so if it's like this that can help is "Canned Food" rapid presentation, practical and time spent far less than the cooking itself. Food cans are very helpful in daily life - days. For career women who are married and already have children, he demanded to take care of family and work, cooking affairs is also a wife who must be responsible, so no one too, if she chose for the consumption of canned food for her family, because only by serving food that fast food would be easier so that its obligations as a wife who must take care of his family will not be abandoned even though she is a woman's career.
"Canned Food" really fast in the presentation but also many negative impacts that exist in food cans. Food that is in the can very tightly closed and it is impossible for us to find out how its contents before we bought it and opened it himself. "Canned Food" is not good to eat for our body, the "Canned Food" also contains many chemicals and hazardous substances. Let us think together. "Canned Food" was not long ago in a can is not just a matter of days but in months, what we do not think, ordinary food that we make and our own cooking at least two days is not suitable for consumption, let alone weeks and weeks and even months. So the "Canned Food" could last a long time only in the presence of preservatives such as the chemicals are dangerous and certainly we know preservative is not good for health.
            Preservative can cause various diseases are dangerous, but because there are many preservatives dimakanan cans, now also spreads foods that are already expired, that does not expire, and certainly it would be very very dangerous. "Canned Food" is usually considered safe for consumption, whereas Part of canned food that is very dangerous. Now when consuming canned foods that has expired we will surely poisoning. Still good if we can immediately find out if the poisoning if we do not know our lives are also threatened. In addition, "Canned Food" will make us so dependent, because it feels faster then the presentation we will continue to consume them. Little by little, our bodies need not be fulfilled. How not? Our bodies need nutritious foods such as vegetables. Are there any vegetables in their "Canned Food"? there is not? This is less conscious of the society most, they think that by consuming canned foods are considered nutrient-rich constantly will make the body healthier, sebenarnyakan not. Healthy food is enough food rich in nutrients and vitamins that are needed for the body.

            Now I can conclude, "Canned Food" presentation is more practical and does not require much time, and very helpful for people who work bound by time, but do not continuously consume "Canned Food", must also be balanced with nutritious foods other. Because our bodies need a lot of foods that are nutritious, but it also should be more careful in choosing and buying canned food and most importantly, check the food. Is it still worth the food consumed or not. "Canned Food" is actually not too bad to eat, but do not overdo it and be able to choose the "Canned Food" which is still feasible and not expired. Because considering the number of "Canned Food" containing chemical substances. So be careful in consumption, because it is not good for health.


0 komentar:

Silahkan Beri Komentar

Template by : kendhin x-template.blogspot.com